Unduh Aplikasi

MK gelar sidang perdana uji materi UU Pilkada

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) akan memulai sidang perdana permohonan uji Undang-Undang Nomor 22 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota (UU Pilkada) hari ini. Agenda sidang tersebut adalah pemeriksaan pendahuluan.

Dikutip dari mahkamahkonstitusi.go.id, Senin (13/10/2014), ada 9 pengajuan agar MK menguji materi dalam beberapa pasal Undang-Undang Pilkada tersebut. Seperti pasal 2 dan pasal 3. Sidang rencananya digelar pada pukul 11.00 WIB.

Pemohon yang mengajukan uji materi UU Pilkada ke MK ini memiliki latar belakang beragam. Mulai dari sipil hingga pengacara. Salah satunya ialah pengacara Otto Cornelis Kaligis.

Selain Otto, ada juga Forum Pengacara Konstitusi yang mewakili lembaga survei Indo Survey Strategis dan 15 pemohon pribadi.

Ketua Forum Pengacara Konstitusi sekaligus kuasa‎ hukum Pemohon, Andi Asrun meminta MK dapat memeriksa permohonan uji materi dengan prioritas percepatan sidang. Dengan begitu, pada bulan depan diharapkan putusan sudah dikeluarkan MK.

"Sehingga putusan bisa dijatuhkan sekitar bulan November," ujar Ketua Forum Pengacara Konstitusi sekaligus kuasa‎ hukum Pemohon, Andi Asrun di Jakarta, Jumat 10 Oktober 2014.

Hal itu diharapkan demikian, kata Andi, sebagai upaya membantu persiapan pilkada di beberapa daerah. Seperti di Provinsi Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

"Pilkada itu kan dilakukan pada Mei-Juni 2015," ujar dia.

Terkait uji materi ini, sejumlah nama disiapkan sebagai ahli. Yakni Pakar Hukum Tata Negara Saldi Isra‎ dan mantan Hakim MK Harjono.

LIPUTAN6

Komentar

Loading...