Unduh Aplikasi

Minum Kopi Turunkan Risiko Multiple Sclerosis

Minum Kopi Turunkan Risiko Multiple Sclerosis
Kabar baik bagi Anda pencinta kopi. Berdasarkan penelitian terbaru, orang yang minum kopi lebih rendah risikonya terkena multiple sclerosis ( MS) dibanding mereka yang tidak minum kopi. Peneliti menemukan, orang yang minum kopi cukup banyak hampir sepertiga lebih rendah terkena multiple sclerosis.

"Kami mengamati hubungan yang signifikan antara konsumsi tinggi kopi dan penurunan risiko mengembangkan MS," ujar para peneliti yang dipimpin Anna Hedstrom dari kedokteran lingkungan di Institut Karolinska Swedia.

Dalam penelitian yang diterbitkan Journal of Neurology, Neurosurgery & Psychiatry, peneliti melakukan kontrol terhadap 2.779 orang dengan MS dan 3960 orang tanpa MS.

Para peneliti menemukan, orang-orang yang melaporkan konsumsi kopi tertinggi, yaitu lebih dari 4 cangkir per hari memiliki risiko 29 persen lebih rendah terkena MS dibanding mereka yang tidak minum kopi.  Akan tetapi, penelitian ini belum melihat hubungan sebab-akibat antara minum kopi dengan MS. Perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah kopi memang bermanfaat untuk menurunkan risiko MS.

Peneliti menduga, kafein memiliki efek perlindungan pada otak dan sumsum tulang belakang. Seperti diketahui, MS merupakan penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat. Sistem kekebalan tubuh menyerang serabut saraf yang disebut myelin yang berfungsi mengirim sinyal ke otak.

Jika myelinM.s rusak, otak akan sulit berkomunikasi dengan tubuh. Gejala MS antara lain kelemahan otot, koordinasi tubuh yang buruk, dan penglihatan kabur. Gejala MS sering kali tak disadari sehingga pasien terlambat disiagnosis. Penyakit MS terbilang langka karena kasusnya jarang ditemukan.

Komentar

Loading...