Unduh Aplikasi

Minta Hasil Pansus Tambang Diumumkan, Massa Bakal Kepung DPRK Aceh Tengah

Minta Hasil Pansus Tambang Diumumkan, Massa Bakal Kepung DPRK Aceh Tengah
Ilustrasi. Foto: Net

ACEH TENGAH - Sejumlah mahasiswa dan aktivis yang tergabung dalam aliansi  Gerakan Menolak Lupa (Gempa), Selasa 7 Juli 2020, besok, akan melakukan aksi unjuk rasa sekaligus mengepung gedung DPRK Aceh Tengah.

Unjuk rasa ini merupakan upaya kesekian kalinya yang dilakukan para penentang kehadiran perusahaan tambang emas, PT Linge Mineral Resource (LMR) di Kawasan Kecamatan Linge, Aceh Tengah.

Aksi ini sebenarnya akan digelar hari ini, Senin (6/7). Namun kegiatan tersebut tidak mendapat izin keramaian dari pihak kepolisian.

Pihak kepolisian beralasan bahwa pada hari ini pihaknya tidak bisa menerjunkan personil untuk mengamankan unjuk rasa karena mereka sedang melakukan serah terima jabatan dari Kapolres lama ke Kapolres Aceh Tengah yang baru.

Hal ini dibenarkan oleh Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Agus Muliara kepada AJNN. Menurut Agus, pihak kepolisian menyarankan agar kegiatan mereka dilakukan Selasa saja.

Terkait aksi besok, Agus mengungkapkan bahwa dia bersama sejumlah rekan - rekannya akan mendatangi gedung DPRK  untuk melihat hasil kerja Panitia Khusus (Pansus) untuk tambang emas di Linge.

Baca: DEMA STAIN Gajah Putih: Kunjungan Tim Pansus Ke Linge, Jadi Awal Yang Bagus

Menurut Agus, usai dibentuk oleh DPRK Aceh Tengah sekitar 6 bulan yang lalu, pihaknya belum mengumumkan kesimpulan terhadap hasil kerja mereka kepada publik, khususnya masyarakat Kecamatan Linge.

"Besok pagi kami melakukan aksi unjuk rasa untuk mempertanyakan kinerja tim Pansus tambang yang dibentuk DPRK Aceh Tengah, kami ingin pansus trasparan dan memberikan jawaban atas dasar metode yang dilakukan tim pansus tersebut," ujar Agus Muliara yang juga mahasiswa IAIN Takengon tersebut.

Selain itu, pihaknya akan menanyakan kepada Ketua Pansus yang diketuai oleh Sukurdi Iska dan Salman tentang cara kerja dan metode yang dipakai tim pansus dalam melakukan kegiatan tersebut.

Agus Muliara bersama sejumlah massa aksi akan menuntut tim pansus untuk membacakan hasil kajian yang diserahkan oleh tim 9 kepada Ketua Pansus.

Hal ini menurut Agus penting dilakukan untuk melihat apakah tim pansus ini benar-benar bekerja atau hanya duduk diam saja dan menerima hasilnya dari tim 9.

"Kami akan menekankan kepada tim pansus untuk membacakan hasil pansus yang telah mereka lakukan, ini merupakan salah satu dari sekian banyak tuntutan kami besok," tegas Agus Muliara.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...