Unduh Aplikasi

Miliki Penyakit Penyerta, Satu Juta Warga Aceh Masuk Kelompok Rawan Corona

Miliki Penyakit Penyerta, Satu Juta Warga Aceh Masuk Kelompok Rawan Corona
Ilustrasi. Foto: Net

BANDA ACEH - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Aceh mencatat bahwa satu juta penduduk Aceh masuk kelompok rawan jika terpapar virus corona (Covid-19). Hal itu karena mereka mempunyai comorbid atau penyakit penyerta lainnya.

"Lebih dari satu juta penduduk Aceh menjadi kelompok rawan bila terserang Covid-19 karena memiliki comorbid seperti DM, Hipertensi, penyakit jantung lain, gagal ginjal, penyakit paru dan obesitas," kata Ketua IDI Aceh, Safrizal Rahman dalam konferensi pers via Zoom, Rabu (9/9).

Safrizal mengatakan, hitungan IDI tentang angka penderita comorbid itu sudah disepakati setelah dikonfirmasi kepada ahlinya terkait jumlah yang melebihi satu juta orang itu.

Oleh karena itu, kata Safrizal, pemerintah Aceh harus melakukan upaya terstruktur secara simultan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat untuk menangkal penyebaran virus corona.

"Termasuk para tokoh, ulama, melibatkan universitas dan cerdik pandai dalam melawan Covid-19 dengan strategi yang jelas," ujarnya.

Selain itu, Safrizal juga menyebutkan, sampai hari ini jumlah tenaga medis di Aceh yang terpapar virus corona sudah mencapai 200 orang, dan satu diantaranya yakni dokter spesialis telah meninggal dunia pada Rabu, 2 September 2020 lalu.

"Kondisi ini jelas menurunkan semangat tenaga medis pejuang Covid-19 digarda pertahanan terakhir melawan virus corona," tutur Safrizal.

Untuk diketahui, angka kumulatif Covid-19 Aceh sampai dengan hari ini sudah mencapai 2.151 orang. Diantaranya 700 orang sembuh, 85 meninggal dunia, dan 1.366 masih dalam perawatan dan isolasi secara mandiri. 

Komentar

Loading...