Unduh Aplikasi

“Mie Cewek” Kuliner Legendaris di Aceh Utara

“Mie Cewek” Kuliner Legendaris di Aceh Utara
Foto: Ist

ACEH UTARA – Provinsi Aceh dikenal memiliki berbagai keindahan alam dan objek wisata. Selain itu kuliner tradisional khas daerah yang mendunia, mampu menarik sejumlah wisatawan untuk berkunjung ke serambi mekkah tersebut.

“Mie Cewek” merupakan salah satu warung kuliner yang berdiri sejak tahun 1970, tepatnya di bawah jembatan, Geudong, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara. Uniknya Mie tepung yang dibeli perkilo ini dijual hanya Rp 3000 per porsi hingga saat ini.

Dengan kedai yang sederhana, mie cewek ini memiliki cita rasa yang khas dan harga sangat merakyat. Asal muasal nama Mie Cewek ini muncul bukan diberikan oleh pedagang, akan tetapi diberi lakap oleh pelanggan, karena dominan pembeli berasal dari kaum perempuan.

“Dalam sehari, kami biasanya menghabiskan hingga 40 sampai 50 kilogram, serta bisa meraup keuntungan Rp500 ribu terkadang juga Rp 800 ribu per harinya. Semua tergantung dari banyak dan sedikitnya pelanggan,” kata pemilik usaha, Thaleb, Selasa (27/10).

Salah seorang pembeli, Santi, menyatakan, selain harga merakyat, Mie Cewek juga memiliki cita rasa yang khas dan nikmat. Bahkan dirinya mengakui tidak cukup memakan satu porsi saja, hingga harus ditambah.

“Rasanya enak, harga juga murah,” tuturnya.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...