Unduh Aplikasi

Mesin Tak Berfungsi, Tumpukan Sampah di Abdya Menggunung

Mesin Tak Berfungsi, Tumpukan Sampah di Abdya Menggunung

ACEH BARAT DAYA - Volume tumpukan sampah organik dan nonorganik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Gampong Ikue Lhung, Kecamatan Jeumpa, Aceh Barat Daya menggunung.

Tumpukan ini mengeluarkan aroma tak sedap yang terhidu hingga ke permukiman warga.

“Baunya semakin menyengat," kata apalagi sangat berdekatan dengan lingkungan masyarakat,” kata salah seorang penjaga TPA, M Amin, Selasa (27/12).

Di samping itu tambahnya, areal penampungan sampah juga terus menyempit dikarenakan sampah yang ditumpuk setiap hari bertambah.

Menurutnya, jika mesin pengolah sampah milik Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) bisa difungsikan tentu kondisi seperti ini tidak terjadi.

“Sampahnya juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat sebagai kompos,” kata Amin.

Baca: Mesin Tak Berfungsi, Tumpukan Sampah di Abdya Menggunung

Ia menyarankan, agar dinas terakit segera mengoperasikan mesin tersebut sehingga jumlah sampah yang dibuang bisa tertampung.

Setiap hari, sampah yang masuk ke TPA ini mencapai 7 ton. Tanpa mesin pengolah sampah, Amin khawatir TPA ini tak sanggup menampung sampah.

Di TPA ini terdapat tiga unit mesing pengolah sampah yang dihibahkan Pemerintah Aceh pada 2008. Hingga saat ini pemerintah kabupaten tak mengoperasikannya karena tak punya anggaran.

Komentar

Loading...