Unduh Aplikasi

Mesin Penggolahan Sampah di Abdya Terancam Jadi Besi Tua

Mesin Penggolahan Sampah di Abdya Terancam Jadi Besi Tua
Mesin Penggolahan Sampah di Abdya. Foto: Julida Fisma

ACEH BARAT DAYA - Mesin pengolahan sampah berlokasi di Gampong Ikhulung, Kecamatan Jumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sudah bertahun-tahun tidak difungsikan. Akibatnya, mesin bantuan Pemerintah Aceh dari sumber APBA tahun 2008 terncam menjadi besi tua.

"Sudah cukup lama tidak difungsikan, dan terncam jadi besi tua," kata salah seorang warga kepada AJNN, Jumat (16/12) yang sedang melintas di lokasi.

Menurutnya, jika mesin tersebut bisa difungsikan, manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh penduduk setempat dan umumnya untuk kabupaten Abdya.

"Kalau berfungsi minimal masyarakat disini bisa dijadikan tenagakerja dan selebihnya bisa menambah pendapatan hasil daerah," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala BLHKP Abdya, Adian Nur melalui Kabid Kebersihan dan Pertamanan Fajri kepada wartawan mengakui, alasan tidak difungsikannya alat pengolahan sampah tersebut dikarenakan terkendala biaya oprasional.

”Iya tidak beroperasi karena biaya operasional yang besar dan tidak tersedia,” katanya.

Ia menambahkan, kendala tidak bisa difungsikannya alat pengolah sampah yang bersumber dari Angaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2018 tersebut, sudah disampaikan kepada pimpinan dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) setempat.

"Mesin tersebut bantuan pemerintah Aceh 2008 silam, dan segenap kendala sudah kami sampaikan langsung kepada bupati dan DPRK Abdya," imbuh Fajri.

Ia mengakui, bila mesin penggilingan tersebut dapat difungsikan, akan menjadi sumber PAD Abdya. Apalagi peralatan dan perlengkapan semua sudah lengkap. “Petugas tenaga kerja dan teknisi pengelolaannya sudah disiapkan dan sudah dibekali dengan berbagai pelatihan dan bimbingan,” ungkapnya.

Komentar

Loading...