Unduh Aplikasi

Merusak Terumbu Karang, Seorang Warga Pulau Banyak Diamankan TNI AL

Merusak Terumbu Karang, Seorang Warga Pulau Banyak Diamankan TNI AL

ACEH SINGKIL - Tertangkap tangan oleh TNI AL sedang menjarah terumbu karang di wilayah Pulau Malelo Kepulauan Banyak, Wasjiman (40) seorang Warga Pulau Baguk Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil diamankan ke Pos TNI AL setempat.

Komandan Pos Angkatan Laut (Pos AL) Pulau Banyak Letda Laut (E) Prabowo, yang dikonfirmasi AJNN, Jum'at (11/11) membenarkan penangkapan tersebut. Ia mengatakan tertangkapnya pelaku pada Kamis (10/11) itu berawal dari informasi warga yang melapor ke Kantornya.

"Pelapor melihat seseorang yang sedang melakukan bongkar muat batu karang dengan perahu, personil kami langsung bergerak menuju lokasi dan menangkap pelaku yang sudang menurunkan batu karang dari perahunya," kata Prabowo.

Prabowo menambahkan, saat diperiksa petugas, Wasjiman mengakui perbuatanya dan rencananya batu-batu karang tersebut akan dijual sebagai bahan material bangunan. Pelaku juga tidak menampik jika perbuataannya itu melanggar hukum.

"Yang bersangkutan beralasan terpaksa, karena faktor ekonomi dan sulitnya lapangan pekerjaan, batu itu pesanan dari warga lain untuk pondasi rumah," terang Prabowo.

Usai diperikasa, Wasjiman tidak ditahan, dia hanya diperingatkan untuk tidak mengulangi perbuatanya itu lantaran bertentangan dengan sejumlah aturan, diantaranya UU No.5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistem serta UU RI No.45 Tahun 2009 tentang perikanan.

"kita hanya berikan peringatan, memang masyarakat sudah pernah mendapat sosialisasi dari Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan dan Pos TNI AL juga, kami berharap ada solusi dari pemerintah untuk bisa memenuhi kebutuhan material bangunan di kepulauan dengan harga terjangkau, sehingga warga tidak lagi merusak terumbu karang dan pasir laut," pungkasnya.

Komentar

Loading...