Unduh Aplikasi

MERDEKA

MERDEKA
Ilustrasi.
KISAH kemerdekaan Indonesia tak lepas dari Aceh. Saat seluruh daerah di Indonesia terpecah-pecah menjadi negara serikat, Aceh berdiri bersama Indonesia. Menjadi satu-satunya daerah yang mempertahankan kesatuan negara republik.

Dan hingga kini, sumbangsih Aceh bagi Indonesia seperti tak pudar, 71 tahun setelah naskah proklamasi dibacakan Soekarno-Hatta. Aceh memberikan makna betapa pentingnya keberadaan republik ini. Bahkan hal itu disampaikan dengan cara-cara khas Aceh, secara langsung dan tanpa tedeng aling-aling.

Nasionalisme Aceh tak perlu diragukan. Karena daerah ini telah memberikan segalanya untuk Indonesia. Dari kisah Radio Rimba Raya hingga sumbangan emas Teuku Markam untuk Monumen Nasional.

Dan jika saat ini masih ada orang-orang yang merasa Aceh bukan Indonesia, mereka harus berpikir ulang dan memperbaiki cara mereka berpikir. Kalau perlu membuka kembali lembaran-lembaran sejarah yang sengaja ditutup-tutupi itu.

Cerita pengorbanan Aceh bukan omong kosong. Kini dan nanti, Aceh akan tetap menjadi bagian penting bagi perjalanan republik ini, entah diakui atau tidak. Ini adalah daerah modal dan model bagi negeri kaya di khatulistiwa.

Karena itu, biarkan Aceh membangun bangsanya dengan cara Aceh. Tak perlu risau jika cara ini tidak sama dengan daerah-daerah
lain, karena memang negara ini adalah negara dengan banyak keberagaman. Keberagaman itu hanya akan muncul jika setiap daerah berikan ruang berkembang dan mengembangkan keberagaman itu.

Kini, 71 tahun setelah Soekarno-Hatta membacakan teks proklamasi, mari merenungkan sejenak arti kemerdekaan itu. Sebelum kita menikmati karnaval dan berbaur dalam keceriaan festival. Mencari dan memahami arti kemerdekaan yang setiap tahun kita rayakan. Untuk membuka mata hati dan pikiran, karena masih banyak yang tertinggal. Merdeka!

Komentar

Loading...