Unduh Aplikasi

Merawat Damai

Merawat Damai
Ilustrasi.
SEBELAS tahun memang bukan waktu yang panjang untuk mengukur arti perdamaian. Namun cukup untuk membuktikan bahwa setiap anak bangsa di Aceh berkomitmen untuk menjaga dan mewujudkan perdamaian. Memperbaiki kekurangan, menemukan dan memahami dinamikanya.

Sepanjang masa-masa ini, perubahan terus terjadi. Tentu ke arah yang lebih baik. Saat ini Aceh memiliki kewenangan untuk mengelola sumber daya minyak dan gas. Dari sektor ini, kelak, Aceh akan mendapatkan banyak manfaat sebagai modal untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Sejumlah program-program pengentasan kemiskinan tetap dilakukan Pemerintah Aceh, yang dilaksanakan melalui sejumlah Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA), khususnya peningkatan ekonomi masyarakat. Di saat yang bersamaan, pemerintah juga terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga mampu dan cakap mengelola hasil kekayaan alam Aceh.

Program pembangunan infrastruktur juga terus menerus dilakukan. Terutama pembangunan jalan. Seperti jalan yang menghubungkan Bener Meriah dengan Aceh Utara. Dengan demikian arus transportasi, terutama untuk membawa hasil panen dari dataran tinggi ke daerah pesisir, semakin lancar dan memudahkan para petani.

Demikian juga sebaliknya. Hasil tangkapan di laut dapat dengan mudah dinikmati dalam keadaan segar oleh masyarakat di daerah pegunungan karena cepatnya waktu tempuh berkat jalan yang baik.

Semua ini adalah hal penting yang harus disyukuri. Nikmat perdamaian memiliki dampak luar biasa bagi kehidupan bermasyarakat di Aceh. bersyukur karena akhirnya gejolak yang meluluhlantakkan kehidupan sosial di Aceh itu berhenti.

Kini saatnya seluruh masyarakat di Aceh merasakan kedamaian yang dulu seolah-olah menjadi barang langka. Meski sebagian masyarakat belum benar-benar merasakan efek pembangunan pascaperdamaian, itu menjadi tugas bersama. Hanya dengan perdamaian, keinginan untuk mengembalikan marwah Aceh dan kehidupan sejahtera, bakal terwujud.

Semua pihak harus berusaha mempertahankan perdamaian. Dan itu tidak akan terjadi tanpa keadilan. Karena itu, pemerintah juga harus memastikan perjalanan pemerintahan benar-benar bersih dan bebas dari korupsi. Dan cerita tentang kekerasan itu harus dituntaskan, sehingga tak ada dendam yang akan diwariskan kepada anak cucu, kelak.

Komentar

Loading...