Unduh Aplikasi

Meraup Untung di Toko Online

Meraup Untung di Toko Online
Ilustrasi: ajnn.net.

KEJAKSAAN Negeri Aceh Barat Daya diharapkan menelisik dugaan korupsi pada pengadaan sistem informasin terpadu PIKA hingga tuntas. Saat ini, kasus tersebut naik ke tahap penyidikan. 

Tidak tanggung-tanggung, untuk membuat aplikasi jual beli secara online, pemerintah daerah itu mengeluarkan anggaran sebesar Rp 1,3 miliar. Pemenang tender proyek ini adalah perusahaan yang berbasis di Jakarta.

Angka yang terbilang fantastis untuk membangun sebuah sistem jual beli dalam jaringan ini tentu menimbulkan banyak pertanyaan. Terutama dari segi kualitas dan efektivitas. 

Meski bermain di dunia maya, tetap saja ada ukuran-ukuran yang dipakai dalam menghitung kebutuhan dan uang yang dikeluarkan untuk membuat layanan itu sesuai dengan kebutuhan dan produk yang tersedia. Sebuah toko online senilai Rp 1,3 miliar jelas belum sebanding dengan nilai produk yang dijual di dalam toko tersebut. 

Pemerintah daerah sebenarnya dapat memanfaatkan laman resmi mereka menjadi toko online. Jika dilakukan, hal ini akan lebih mudah dan lebih murah ongkosnya. 

Sementara sisa uang yang ada dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha kecil dan menengah agar kualitas produk mereka, termasuk kemasan produk, menjadi lebih berkualitas dan menarik minat pembeli. 

Karena memang yang dibutuhkan saat ini adalah kemauan pemerintah untuk mendorong UMKM menjadi lebih berdaya. Terutama dengan membantu mereka membuat produk-produk yang dicari pasar, baik pasar lokal maupun nasional. 

Dan itu tidak cukup hanya dengan membuat aplikasi toko online yang menghabiskan anggaran hingga miliar rupiah. Bahkan proyek PIKA itu memboroskan keuangan daerah. 

Komentar

Loading...