Unduh Aplikasi

Menyisir Aliran Sungai Objek Wisata Tersembunyi di Aceh Utara

Menyisir Aliran Sungai Objek Wisata Tersembunyi di Aceh Utara
Wisatawan mandi di arus sungai. Foto: AJNN/Sarina 

ACEH UTARA - Gemuruh air terdengar keras dari puncak Gunung Sala, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara. Sayup-sayup angin yang menghembus semakin membuat aliran sungai itu semakin jelada terdengar ditelinga hingga menimbulkan rasa penasaran bagi wisatawan yang datang.

Di pinggir jalan lintas KKA-Bener Meriah, tepatnya di kilometer 37, terlihat sebuah vila berbentu kerucut dengan dihiasi tanaman berbagai jenis bunga, sebut saja “Mutiara Taman Bunga”.

Untuk pergi ke lokasi sungai yang merupakan potensi objek wisata baru yang tersembunyi itu, pengunjung harus berjalan kaki dengan menuruni tanjangan sepanjang 250 meter, dari belakang vila itu.

Terpeleset hingga terjatuh sudah pasti, dengan dipandu oleh pengarah jalan serta pemilik lokasi wisata itu, AJNN bersama lima rekan lainnya, berupaya menerobos hutan belantara yang hanya bermodalkan jalan yang baru dibersihkan.

Bermodalkan tongkat dan kayu-kayu yang ada disepanjang jalan menuju sungai, dengan nada candaan dan sama-sama saling menuntut, kami berhasil menerobos hingga ke sungai yang sangat indah dan masih asri.

Rasa lelah, capek, keram rasanya hilang seketika, dimana sungai yang sebelumnya hanya terdengar air yang gemuruh, kini bisa langsung menyentuh air dengan telapak tangan.

Segar dan dingin, sudah pasti. Pasalnya, air sungai tersebut berasal langsung dari air terjun yang ada di Puncak Sala, Kecamatan Nisam Antara tersebut.

Pemilik lokasi wisata, Rachmad kepada AJNN mengatakan, kawasan sungai yang masih asri dan segar, serta alamnya masih natural. Aliran sungai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata.

“Kita rencana nanti, secara mandiri akan membuka kawasan wisata sungai ini,” kata ayah dari dua orang anak itu.

Lanjut Rachmad, selama ini ada beberapa pengunjung yang sudah berkunjung, khususnya teman-teman pecinta alam. Akan tetapi, ini belum bisa untuk umum, karena jalannya masih dijajaki.

“Saya berharap kepada pemerintah, agar dapat memanfaatkan sungai ini sebagai kawasan wisata. Disamping ada sungai dan air terjun. Alamnya juga sangat sejuk selain itu lokasi ini juga berkabut sangat cocok menjadi kawasan wisata,” tutur Rachmad.
 
Sementara itu, salah seorang pengunjung, Razu kepada AJNN mengaku sudah dua kali turun ke sungai tersebut, menurutnya bagi orang-orang yang hobi andrenaline bisa datang ke sungai Gunung Sala itu.
 
“Bagi yang ingin memacu andrenalin sangat cocok berkunjung kemari, medannya yang masih terjal dan susah untuk didatangi. Namun ketika sampai akan mendapatkan sungai dingin dan segar,” imbuhnya.
 

Komentar

Loading...