Unduh Aplikasi

Menyahuti Visi Konektivitas Nova

Menyahuti Visi Konektivitas Nova
Ilustrasi: Future Agenda.

URUSAN yang satu ini memang kerap jadi permasalahan di Aceh: sarana transportasi. Baik itu di darat, udara dan laut. Yang mengeluhkan tidak hanya masyarakat. Para pengusaha, baik kelas teri maupun kakap, kerap mengeluhkan hal ini. Terutama mereka yang berada di kawasan pedalaman Aceh dan daerah-daerah terluar.

Pantas jika Pemerintah Aceh diberikan apresiasi saat membeli kapal-kapal penyeberangan untuk melayari kawasan-kawasan perintis dan melengkapi moda transportasi laut yang sudah ada. 

Di saat yang sama, Pemerintah Aceh juga memberikan perhatian besar bagi pengembangan jalur transportasi darat di kawasan pedalaman. Melalui skema tahun jamak, Pemerintah Aceh membangun 15 ruas jalan yang membelah isolasi daerah terpencil di Aceh. 

Keberadaan jalan ini tentu sangat membantu masyarakat. Mereka bisa lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya. Langkah ini juga akan menjadikan penyaluran logistik lebih mudah. 

Konektivitas antarwilayah, baik di darat, laut, maupun udara, diharapkan menjadikan pembangunan di dapat tercapai sesuai harapan. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi dapat merata di setiap kawasan di Aceh, tanpa terkecuali. Hal ini akan sulit dicapai tanpa pembangunan infrastruktur transportasi darat.

Lewat pembangunan jalan, jalur transportasi darat ini akan menjadi pengumpan dalam sistem transportasi di Aceh. Transportasi darat akan memberikan dukungan terhadap transportasi laut dan udara. 

Namun untuk mengembangkan hal ini memang diperlukan sumbangsih pemerintah pusat. Salah satunya dengan memperbanyak angkutan-angkutan di jalur perintis jika kelak 15 ruas jalan yang dibiayai lewat skema tahun jamak selesai. 

Demikian juga KMP Aceh Hebat yang akan beroperasi menyatukan daratan Aceh dengan Pulau Banyak dan Pulau Simeulue. Pemerintah pusat harus mau memberikan subsidi untuk operasional kapal. Pemerintah Aceh telah merogoh kocek dalam untuk membeli kapal-kapal itu. 

Visi konektivitas seluruh daerah di Aceh, yang tengah ditunjukkan oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, ini hendaknya menjadi momentum bagi perbaikan sistem transportasi di Aceh. Dengan demikian, kue pembangunan yang ada dapat dinikmati semua masyarakat, entah mereka tinggal di daratan atau daerah kepulauan dan pedalaman. 

Komentar

Loading...