Unduh Aplikasi

Menunggu Kajati Menuntaskan OTT Meuligo

Menunggu Kajati Menuntaskan OTT Meuligo
Ilustrasi: Shutterstock

RABU, 19 Juni 2019. Kepolisian Resor Aceh Barat menangkap dua tangan pengurus lembaga swadaya masyarakat SIAP di Meuligoe Hotel, Meulaboh, Aceh Barat. OTT itu dilakukan oleh Unit Tindak Pidana Korupsi, Satuan Reserse Dan Kriminal (Satreskrim) Polres setempat.

Dalam operasi itu juga ditangkap dua oknum anggota kepolisian yang berasal dari Aceh Tengah. Namun hingga kini, peran dua oknum polisi tersebut masih mengambang. OTT ini dilakukan terkait penggunaan dana desa untuk kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) bagi aparatur desa yang dilaksanakan di Batam, Kepulauan Riau. 

Sejak awal terungap, OTT ini menyisakan banyak kejanggalan. Meski mengaku telah memeriksa ratusan saksi, belum ada pihak yang ditetapkan sebagai tersangka. Padahal total uang yang diamankan mencapai Rp 900 juta.

Padahal, kepolisian sebenarnya dapat segera menetapkan tersangka bermodalkan dua alat bukti, seperti OTT yang biasa dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. 

Namun setelah dua tahun berselang, perjalanan kasus ini selalu tersendat. Mulai dari kepolisian hingga di kejaksaan. Dan selama kurun waktu itu, banyak daerah yang mencoba cara yang sama untuk menggerogoti dana desa. 

Masih ada satu harapan lagi, yakni Kejaksaan Tinggi Aceh. Tapi tentu saja ini sangat tergantung pada komitmen pemberantasan korupsi Kepala Kejati Aceh. Karena kasus ini melibatkan banyak aparat negara, tentu butuh keberanian ektra untuk meneruskan perjalanan kasus ini hingga ke pengadilan. 

Komentar

Loading...