Unduh Aplikasi

Menuju Pemberlakuan New Normal, Unsyiah Sediakan 3000 Tes PCR Gratis

Menuju Pemberlakuan New Normal, Unsyiah Sediakan 3000 Tes PCR Gratis
Rektor Unsyiah Prof. Dr. Samsul Rizal. Foto: AJNN/Tommy

BANDA ACEH - Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof. Samsul Rizal mengatakan Unsyiah telah menyediakan 3000 Tes Polymerase Chain Reaction  (PCR) secara gratis, untuk pemeriksaan massal Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Aceh.

"Unsyiah sediakan lebih 3000 tes PCR dan akan melakukan test massal di seluruh Aceh, apabila ada permintaan dari Bupati atau Walikota dengan gratis," kata Prof. Samsul Rizal kepada AJNN, Sabtu (30/5) siang.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana angka real kasus Covid-19 di Aceh. Selama ini, test yang sudah dilakukan angkanya sangat kecil, tidak sampai 1 persen dari jumlah penduduk yang tercatat.

Sementara kata Prof. Samsul, di negara lain tingkat pemeriksaan PCR untuk mengetahui jumlah jumlah kasus Covid-19 di wilayahnya sudah diatas 10 persen. Sementara, di Aceh persentase pemeriksaan baru sekitar 0,0005 persen saja.

"Bagaimana kita boleh katakan Aceh bebas dari Covid-19, kecuali kita sudah periksa secara massal sekitar 1 persen. Dibandingkan negara lain yang periksa persentasenya lebih dari 10 persen," ujarnya.

Ditambahkan Prof. Samsul Rizal, hal ini dilakukan dalam rangka implementasi Tridarma Perguruan Tinggi dan bentuk dukungan pihaknya, untuk meringankan beban masyarakat menuju pemberlakuan New Normal, yang akan diterapkan oleh Pemerintah.

"Makanya Unsyiah berinisitif untuk membantu masyarakat kita dalam menuju New Normal melakukan test secara massal sampai dgn 1 persen penduduk Aceh," tuturnya.

"InsyaaAllah Unsyiah akan mendukung dan sudah kami siapkan sampai 3000 Reagen untuk tahap pertama akan dilaksanakan di kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar. Mudah-mudahan nanti dapat bantuan lagi sehingga target kita sampai 1 persen dapat tercapai," pungkas Prof. Samsul Rizal.

Sementara, Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, juga telah menyediakan pemeriksaan Rapid Test dan Tes PCR Covid-19 mandiri alias berbayar bagi masyarakat umum.

Dalam brosur elektronik RSUDZA yang beredar, diketahui tarif satu kali pemeriksaan Rapid Test seharga Rp 650 ribu. Sedangkan, pemeriksaan melalui metode swab PCR, untuk sekali pemeriksaan diberi tarif Rp 1,5 juta.

Komentar

Loading...