Unduh Aplikasi

Menteri Puan Evaluasi Penangganan Korban Gempa Pijay

Menteri Puan Evaluasi Penangganan Korban Gempa Pijay

BANDA ACEH – Menteri Pembangunan dan Kebudayaan Puan Maharani kembali berkunjung ke Aceh, kunjungan kerja tersebut dalam rangka melihat perkembangan dan melakukan evaluasi terhadap penanganan korban gempa Pidie Jaya.

Hal ini disampaikan Puan Maharani usai mengunjungi korban gempa Pijay yang di rawat di rumah Sakit Umum Zainol Abidin, Banda Aceh, Rabu (14/12).

“Kedatangan saya hari ini mau ke Pidie Jaya untuk melihat kira-kira apa saja yang kemudian kami harus lakukan dalam hal gempa yang menimpa Aceh khususnya Pidie Jaya yang banyak mengalami korban dan kerugian,” kata Puan Maharani kepada wartawan usai mengunjungi korban gempa.

Kunjungan ini juga tidak lepas dari kehadirian presiden Jokowidodo ke Aceh beberapa waktu lalu, yaitu untuk meninjau sejauh mana perbaikan yang sudah dilakukan disana. ”Kami akan meninjau sejauh mana perbaikan yang telah dilakukan terhadap masjid yang roboh, gedung sekolah, dan beberap bangunan pesantren,” ujarnya

Sehingga tindak lanjut dari tanggap darurat yang sedang dilakukan dapat berjalan maksikmal. Sementara menyangkut dengan hal hal teknis, dirinya bersama beberapa menteri akan melihat sejauh mana perkembangan disana, kemudian apa yang telah dilakukan, dan  berapa jumlah warga yang masih ada, yang belum dievakuasi terus bagaimana kemudian mengembalikan para pengungsi itu ke tempatnya masing-masing.

"Kami akan melakukan rapat koordinasi dengan beberapa kementerian dan BNPB untuk melihat hasil evaluasi apa saja yang telah dilakukan selama ini, kemudian berapa jumlah korban yang masih harus di evakuasi," ujarnya. 

Kunjungan ini nantinya untuk melakukan identifikasi terhadap berapa jumlah pengungsi, dan akan dibagi setiap wilayah sehingga kemudian pada saat pemberian bantuan sesuai dengan sasaran.

“Kemudian kami bisa menghitung berapa kerugian, pada saat memberikan bantuan pemerintah pusat dapat bersinergi dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Komentar

Loading...