Unduh Aplikasi

Menteri Desa: Setiap Transaksi Pakai Dana Desa Harus Non Tunai

Menteri Desa: Setiap Transaksi Pakai Dana Desa Harus Non Tunai
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. Foto: AJNN/Fauzi Cut Syam

BENER MERIAH - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar meminta para Kepala Desa (Reje) di Bener Meriah untuk melakukan transaksi non tunai saat pembelian sejumlah kebutuhan pembangunan di desa yang sumber dananya dari dana desa.

Hal itu disampaikan Abdul Halim Iskandar saat juga mengadakan pertemuan dengan kepala desa (Reje) dan ribuan masyarakat di GOS, Bener Meriah. Abdul Halim berharap agar para Reje yang daerahnya sudah ada jaringan internet untuk mengelola dana desa dengan menggunakan uang non tunai, tanpa harus mengambil langsung dari bank.

"Semuanya ditransfer enggak usah ngambil duit dari bank. Pokoknya, setiap pembelian barang kebutuhan pembangunan, tanya rekening bank tokonya dan uangnya langsung ditransfer ke rekening pemilik toko," ujar Abdul Halim.

Transfer antar rekening bank ini menurut Abdul Halim Iskandar, akan memudahkan kepala desa dalam mempertanggungjawabkan keuangan dana desa. Dirinya menjamin reje atau kepala desa yang mengelola dana desa dengan non tunai melalui transfer perbankan tidak akan pernah mendapat kasus, baik dari kepolisian maupun kejaksaan. Hal ini disebabkan karena uangnya bisa dipertanggungjawabkan dengan jelas, kapan dikeluarkan, kepada siapa diberikan dan berapa besarannya.

"Untuk tahun 2020 ini saya masih mengimbau, akan tetapi mulai tahun 2021 nanti saya akan mengeluarkan peraturan tentang ini," ujar Abdul Halim.

Dalam pertemuan tersebut, Abdul Halim juga mengingatkan para reje untuk mengunakan dana desa dengan baik dan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat.

"Ketika reje melakukan pengabdian tulus untuk kesejahteraan masyarakat, maka yang pertama Allah akan meridhoi langkah kita, yang kedua nanti pada saat pilkades bapak-bapak akan terpilih kembali sebagai kepala desa," ujar Abdul Halim.

Kedatangan Abdul Halim Iskandar ke Kabupaten Bener Meriah dalam rangka melakukan pembagian sertifikat tanah sebanyak 943 bidang kepada masyarakat Bener Meriah di gedung olahraga dan Seni (GOS) Bener Meriah. Kedatangan Abdul Halim di dampingi anggota DPR RI Ruslan M Daud dan disambut langsung oleh Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi dan seluruh unsur Forkompinda.

Komentar

Loading...