Unduh Aplikasi

Menristekdikti Didesak Ganti Rektor Unsyiah

Menristekdikti Didesak Ganti Rektor Unsyiah
?, Foto : Detak Unsyiah
BANDA ACEH -  Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) didesak memberhentikan Prof. Dr. Ir. Syamsul Rizal M. Eng dari posisi rektor karena telah mengkebiri demokrasi bagi mahasiswa Unsyiah dengan mengeluarkan surat skorsing kepada delapan mahasiswa Usyiah.

Desakan tersebut muncul di laman change.org dibuat oleh Mahasiswa Menggugat. Petisi yang diunggah sekitar pukul 14.00 wib itu sudah ditandatangani 122 pendukung.

Dengan mengeluarkan skorsing terhadap delapan mahasiswa, mengkhianati Statuta Unsyiah yang tercantum pada Bab II pasal 2 Mengenai Penyelenggaraan TriDharma Perguruan Tinggi dan semangat demokrasi. Bab VII pasal 28 ayat (1) dan (2) menjunjung tinggi norma kebebasan akademik yang merupakan kebebasan yang dimiliki sivitas akademika untuk secara bertanggung jawab dan mandiri melaksanakan kegiatan akademik.

Dan Bab VI pasal 27 ayat (1) poin f mengenai pelaggaran yang jenisnya ditetapkan oleh Rektor atas persetujuan Senat Universitas. Rektor Unsyiah dinila telah dan Menggugat agar skorsing yang cacat hukum dicabut karena merupakan tindak pembungkaman dan pengekangan.

Mahasiswa Menggugat menuliskan empat petisinya meliputi, Menentang keras segala bentuk pembungkaman terhadap pemikiran kritis dan kreativitas mahasiswa. Menggugat dan menuntut agar skorsing yang cacat hukum dicabut karena merupakan tindak pembungkaman dan pengekangan. Mendesak agar Prof. Dr. Ir. Syamsul Rizal M. Eng agar diberhentikan dari posisi rektor karena telah mengkebiri demokrasi bagi mahasiswa Unsyiah dan Menuntut rektor Universitas Syiah Kuala agar meminta maaf kepada pihak yang dikenakan skorsing melalui surat himbauannya.

"Demikian petisi ini kami ajukan sebagai bentuk persetujuan stop pembungkaman yang terstruktur dan sitematis di lingkungan kampus,"tulisnya diakhir petisi.

|NAZAR AHADI

Komentar

Loading...