Unduh Aplikasi

Menjauhkan Bencana

Menjauhkan Bencana
ilustrasi: anny cook

BANJIR kembali mendera Aceh. Dan ini adalah kejadian berulang setiap tahun. Bahkan setiap hujan besar datang. 

Ada yang mencoba menjadikan ini sebagai sebuah hal yang wajar, terutama saat musim penghujan dengan curah hujan tinggi tiba, 

Namun sebagai manusia berakal, kita semua perlu memikirkan agar hal tersebut tidak terjadi lagi di Aceh. Di dataran tinggi Aceh, banjir bandang kerap terjadi. 

Tak bisa dipungkiri, hal ini adalah buah dari buruknya cara kita memperlakukan hutan. Kita membiarkan pembalakan liar terjadi. Menebang pohon-pohon yang seharusnya menyimpan air saat hujan lebat turun, dan menyalurkannya ke dataran lebih rendah saat musim kering datang. 

Alih fungsi hutan yang tak terkontrol menjadikan tanah tak mampu menyerap air. Alhasil, hampir 50 ribu orang lebih menderita akibat banjir. 

Pemerintah sudah seharusnya bertindak progresif. Tidak cukup hanya memberikan bantuan agar masyarakat bertahan hidup menunggu bencana berikutnya. 

Tak terhitung jumlah lahan kritis di Aceh bukan berarti lahan kritis tak ada. Itu terjadi karena pemerintah tak pernah serius untuk memperbaikinya. 

Pengadaan bibit pohon yang ditenderkan setiap tahun hanya sekadar menghabiskan uang ketimbang menjadikannya sebagai upaya mitigasi bencana. Dan terbukti, banjir semakin menjadi-jadi. 

Seluruh pihak harusnya tidak menganggap enteng masalah ini. Pemerintah harus bersikap tegas dan mengubah konsep pembangunan berdasarkan untuk melindungi hutan. Saat hutan terjaga, bencana, insya Allah, akan menjauh. 

Komentar

Loading...