Unduh Aplikasi

Menjaga Gizi selama Pandemi

Menjaga Gizi selama Pandemi
Ilustrasi: neighborfood

MASYARAKAT Aceh mulai menerima bantuan dari Pemerintah Aceh. Kemarin, Dinas Sosial Aceh mulai menyalurkan bantuan untuk masyarakat miskin yang terdampak penyebaran virus corona.

Penyaluran bantuan dimulai dari Aceh Besar. Berlanjut ke Aceh Utara dan Lhokseumawe. Ketiga daerah itu mendapat giliran awal karena telah menuntaskan pendataan masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan.

Di Aceh Besar, Pemerintah Aceh menyalurkan sebanyak 2.810 paket sembako yang diterima oleh kepala keluarga yang berhak. Adapun jumlah penerima di Aceh Utara mencapai 5.325 kepala keluarga. Sedangkan di Lhokseumawe berjumlah 525 paket.

Pemberian bantuan ini sangat bergantung pada ketersediaan data. Data ini disajikan oleh pemerintah daerah berdasarkan hasil pendataan dan pemeriksaan silang di lapangan terkait kelayakan calon penerima bantuan.

Langkah yang diambil Pemerintah Aceh untuk memenuhi kebutuhan ini juga patut diapresiasi. Mereka membeli beras yang berasal dari Aceh. Artinya, uang tersebut tetap mengalir di Aceh dan diharapkan dapat membantu masyarakat yang lain.

Langkah pemberian bantuan ini memang harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Karena itu, dibutuhkan kerja sama yang solid antara pemerintah provinsi dan pemerintah di daerah. Terutama dalam penyajian data penerima bantuan. Jangan sampai, mereka yang berhak malah tidak menerima.

Pemerintah daerah lain juga hendaknya dapat segera merampungkan pendataan. Sehingga bantuan ini dapat disalurkan ke seluruh masyarakat Aceh yang berhak menerima. Terutama menjelang datangnya bulan suci Ramadan.

Tentu saja masyarakat berharap agar ada bantuan lain yang dapat diterima untuk mengurangi beban mereka. Terutama dalam memenuhi kebutuhan gizi. Harga daging dan kebutuhan pokok lain harus ditekan serendah mungkin. 

Mungkin bantuan yang dapat tidaklah memuaskan. Namun, minimal, pemerintah benar-benar bekerja serius untuk menguragi beban masyarakat selama masa pandemi corona ini.

Komentar

Loading...