Unduh Aplikasi

Menjaga Arah Busur Panah

Menjaga Arah Busur Panah

Bisa saja mereka mirip dirimu, tetapi jangan pernah
Menuntut mereka jadi seperti sepertimu.
Sebab kehidupan itu menuju ke depan, dan
Tidak tengelam di masa lampau.

TAK ada masa yang lebih indah ketimbang masa remaja. Saat dunia serasa berada dalam genggaman. Bagi remaja, tak ada yang tak mungkin. Andrenalin memompa jantung dan mengalirkan darah dengan cepat ke otak. Mengalahkan rasio, tak perlu banyak menimbang.

Tak mengherankan jika banyak remaja yang cenderung terjebak dalam kondisi ini. Mereka mencoba meraih masa kini, namun tak yakin dengan masa depan. Akhirnya, banyak yang terjebak dalam hal-hal negatif. Seperti yang terjadi di Lhokseumawe, kemarin malam. Puluhan remaja digelandang dari tempat hiburan. Sebagian besar dari mereka adalah remaja perempuan.

Kondisi mereka yang labil tentu menjadi sasaran empuk para lelaki hidung belang. Awalnya, mereka diperkenalkan dengan dunia malam. Berikutnya, akan dikenalkan kepada penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Sebenarnya kenakalan remaja ini dipengaruhi oleh ketidakmampuan anak dalam menghadapi perkembangan dirinya. Mereka cenderung mengalami ketidakselarasan, gangguan emosi dan gangguan perilaku.

Jika hal ini tidak dikontrol, maka perubahan-perubahan psikis ini akan berdampak negatif pada remaja. Salah satunya adalah kesulitan mereka dalam menggapai kemandirian, kesalahpahaman atau penilaian berdasarkan stereotip yang keliru. Parahnya, hal ini diperburuk dengan minimnya peran orang tua. Orang tua terlalu memberikan hak besar kepada anak-anak ini sehingga mereka menepikan kewajiban mereka.

Tanpa tanggung jawab bersama masyarakat, terutama orang tua dan lingkungan, kondisi ini akan semakin sulit dihadapi. Apalagi perkembangan teknologi informasi membuat mereka cenderung lebih mudah mengakses hal-hal baru, yang terkadang orang tua tidak menyadari keberadaannya.

Dengan sedikit kemauan, niscaya remaja-remaja ini akan bisa mendapatkan masa depan yang lebih baik. Sepanjang lingkungan memberikan kesempatan kepada mereka untuk berkembang secara positif. Bukan malah menakut-nakuti mereka untuk menjadi dewasa. Biarkan mereka berkembang, namun berikan koridor agar mereka tak lari dari arah yang kita yakini kebenarannya.

Meliuklah dengan sukacita
Dalam rentangan Sang Pemanah, sebab Dia
Mengasihi anak- anak panah yang meleset laksana kilat,
Sebagaimana pula dikasihi-Nya busur yang mantap

Komentar

Loading...