Unduh Aplikasi

Menipu dengan Modus Bantu Anak Yatim, Seorang Pria Diringkus Polisi di Langsa

Menipu dengan Modus Bantu Anak Yatim, Seorang Pria Diringkus Polisi di Langsa

LANGSA - Personil Satuan Reserse Kriminal Polres Langsa mengamankan Irwansyah (29) warga Medan, usai melakukan penipuan dan penggelapan di Langsa. Irwansyah selama ini menetap di Dusun Utama Gampong Paya Bili Satu, Kecamatan Birem Bayuen, Aceh Timur.

Kapolres Langsa AKBP Giyarto melalui Kasat Reskrim Iptu Arief Sukmo Wibowo kepada AJNN, Selasa (5/5) mengatakan, pelaku ditangkap pada Senin (4/5) kemarin, karena ketahuan melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan di kios milik Rahmah di Jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Buket Meutuah, Kecamatan Langsa Timur, Kota Langsa.

"Akibat ulah pelaku, korban mengalami kerugian sekitar Rp 1,7 juta," kata Kasat Reskrim.

Karena, kata Kasat, pelaku berhasil membawa kabur tiga karung beras kemasan 15 Kg, satu karung gula pasir isi 50 Kg, dan dua lusin sirup Kurnia.

Kasat Reskrim menjelaskan, kasus penipuan tersebut terjadi pada Senin (4/5) sekira pukul 16.00 WIB. Pelaku mulanya merental satu unit mobil Daihatsu Xenia warna putih BL 1508 D kemudian berkeliling ke Kota Langsa untuk melihat-lihat toko kelontong yang bisa dijadikan sasaran.

Tiba di Gampong Bukit Muetuah pelaku singgah di toko korban dan kemudian bertanya-tanya se-akan mau membeli barang-barang dengan alasan untuk dibagikan kepada anak-anak yatim.

Tanpa curiga, korban dibantu Lilik Irwandi (saksi) warga sekitar, mengangkat barang-barang berupa beras, gula dan sirup ke dalam bagasi mobil pelaku.

"Celakanya setelah semua barang di dalam mobil, pelaku langsung tancap gas, kabur tanpa membayar belanjaannya," sebut Kasat Reskrim.

Melihat kejadian tersebut, Lilik Irwandi (saksi) melakukan pengejaran menggunakan sepeda motor sehingga sampai di Simpang Komodor Desa Alue Dua, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa mobil pelaku mengalami kecelakaan.

Kemudian pelaku diamankan oleh Pihak Kepolisian dan selanjutnya dibawa ke Polres Langsa.

Menurut pengakuan pelaku, kata Kasat Reskrim, pelaku telah melakukan penipuan sebanyak dua kali di lokasi lain yaitu Senin 27 April 2020 di Toko Sembako Gampong Alur Hitam, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur dan pada Jum’at 01 Mei 2020 di Toko depan Masjid Rantau Panjang, Kecamatan Rantau Selamat, Aceh Timur.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, tersangka berikut barang bukti saat ini telah diamankan di Polres Langsa guna proses hukum lebih lanjut.

Komentar

Loading...