Unduh Aplikasi

Menikmati Sunset di Pucak Gunung Keutapang Calang

Menikmati Sunset di Pucak Gunung Keutapang Calang
Pengunjung sedang menikmati sunset di Puncak Gunung Keutapang, Calang, Aceh Jaya. Foto: AJNN/Suar

ACEH JAYA - Area puncak gunung Keutapang, Desa Keutapang, Kecamatan Krueng Sabee Calang merupakan spot wisata sunset terbaru yang sedang viral di Aceh Jaya.

Dimana bekas jalan nasional Banda Aceh - Meulaboh ini telah hancur akibat diterjang tsunami Aceh 2004 silam. Namun akhir tahun 2019 lalu Pemkab Aceh Jaya kembali membuka akses jalan itu hingga hingga tembus ke wisata kuliner Pasie Luah Calang, Aceh Jaya.

Hingga kini area puncak gunung Keutapang itu kerap macet di setiap sore hari jelang malam, walaupun area itu masih belum ada fasilitas umum sama sekali.

Ketua Pegiat Wisata Aceh Jaya, Almuzzammil yang jumpai AJNN di lokasi, Sabtu (24/1) sore, mengatakan jika saat ini memang area puncak gunung Keutapang satu-satunya spot swafoto alami yang paling diminati oleh warga Aceh Jaya Calang khususnya.

Selain aksesnya dekat dengan ibu kota Calang, jalurnya pun tidak terganggu oleh pelintas, karena rata-rata yang melewati jalur ini khusus ingin menikmati sunset disore hari.

"Ya walaupun kadang-kadang macet, tapi enggak terganggu bagi pelintas jalur umum, dan macet pun karena disebabkan oleh para pengunjung itu sendiri," ujarnya.

Selain itu, pihaknya berharap pemerintah ke depan harus mengembangkan tempat ini baik itu pondok kuliner maupun fasilitas umum lainnya, sehingga kedepan area ini menjadi spot wisata baru yang berbasis syariah di Aceh Jaya.

"Kita juga imbau bagi pengunjung harus membatasi waktu kunjungannya, karena selama ini kita pantau semakin sore semakin banyak pengunjung bahkan hingga waktu shalat magrib tiba tapi pengunjungnya juga masih ada," pinta Almuzzammil.

Komentar

Loading...