Unduh Aplikasi

Mengintip Kekayaan Cagub dan Cawagub Aceh

Mengintip Kekayaan Cagub dan Cawagub Aceh
Enam calon Gubernur Aceh pada Pilkada 2017.

BANDA ACEH - Para calon kepala daerah yang maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 wajib menyampaikan laporan harta kekayaan penyelenggaraan negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi. Begitu juga di Provinsi Aceh, ada enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang maju untuk memperebutkan orang nomor satu di provinsi yang dijuluki Bumoe Serambi Mekkah.

Mereka seluruhnya sudah menyampaikan harta kekayaan kepada KPK. Dalam website resmi kpk.go.id, mempublis seluruh harta kekayaan yang dimiliki setiap calon, baik gubernur maupun wakil gubernur.

Seperti yang dikutip AJNN, Rabu (2/10), bekas Gubernur Aceh Abdullah Puteh memiliki harta kekayaan paling banyak yakni mencapai Rp 55 miliar ditambah 38.462 USS (Singapura). Posisi kedua diduduki Alaidinsyah, calon wakil gubernur yang berpasangan dengan Zakaria Saman yakni Rp 18 miliar.

Kemudian, posisi tiga diduduki juga oleh bekas Gubernur Aceh Irwandi Yusuf yakni Rp 14 miliar. Selanjutnya posisi keempat TA Khalid yang berpasangan dengan Muzakir Manaf dengan jumlah harta kekayaan mencapai Rp 9 miliar.

Bekas anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Nova Iriansyah yang berpasangan dengan Irwandi Yusuf mempunyai jumlah kekayaan Rp 7 miliar ditambah 9.175 USS (Singapura), dan T.Machsalmina Ali yang merupakan calon Wakil Gubernur Aceh berpasangan dengan Tarmizi Karim memilik kekayaan Rp 7 miliar.

Apa Karya—sapaan Zakaria Saman—yang merupakan calon Gubernur Aceh berpasangan dengan Teuku Alaidinsyah memiliki kekayaan Rp 6 miliar. Tarmizi Karim bekas pelaksana tugas Gubernur Aceh berpasangan dengan T.Machsalmina Ali memiliki kekayaan Rp 5 miliar.

Terakhir dua calon yang memiliki harta kekayaan paling rendah yakni Bupati Petahana Aceh Tengah Nasaruddin yang berpasangan dengan Zaini Abdullah memiliki kekayaan Rp 3 miliar, disusul Sayed Mustafa Usap yang berpasangan dengan Abdullah Puteh hanya memiliki harta kekayaan Rp 2 miliar.

Sementara, jumlah kekayaan Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf tidak masuk dalam daftar kekayaan yang dipublis melalui laman pantau pilkada 2017 di website KPK. Pasalnya untuk calon petahana masuk dalam laman acch. Untuk masuk ke lama tersebut, pengunjung harus melakukan resgiter terlebih dahulu. AJNN sudah mengisi register seperti petunjuk, namun hingga kini belum mendapat konfirmasi.

Berikut jumlah harta kekayaan pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Aceh berdasarkan nomor urut calon;

Nomor urut 1: Tarmizi Karim Rp 5 miliar - Machsalmina Ali Rp 7 miliar
Nomor urut 2: Zakaria Saman Rp 6 miliar - T Alaidinsyah Rp 18 miliar
Nomor urut 3: Abdullah Puteh Rp 55 miliar ditambah 38.462 USS (Singapura) -Sayed Mustafa Usab Rp 2 miliar
Nomor urut 4: Zaini Abdullah - Nasaruddin Rp 3 miliar
Nomor urut 5: Muzakir Manaf - TA Khalid Rp 9 miliar
Nomor urut 6: Irwandi Yusuf Rp 14 miliar - Nova Iriansyah Rp 6 miliar ditambah 9.175 USS (Singapura).

Komentar

Loading...