Unduh Aplikasi

Mengarungi Gelombang Corona

Mengarungi Gelombang Corona
Ilustrasi: gas and supply

KABAR kesembuhan AJ, inisial pasien positif virus corona, di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin harus kita syukuri. Pasien ini dinyatakan negatif corona berdasarkan hasil pemeriksaan dari Kementerian Kesehatan.

AJ pun akan dipulangkan hari ini dan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari untuk memastikan kesembuhannya secara total. Dengan demikian, total lima pasien di Aceh dinyatakan sembuh total dari corona.

Namun kesembuhan ini tak perlu dibesar-besarkan. Apalagi ada rencana untuk membuat seremoni kepulangan dari rumah sakit dihadiri oleh pelaksana tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Pertama, hal berpotensi mengumpulkan banyak orang di satu titik. Padahal, dalam upaya mencegah penyebaran, diharapkan tidak ada kerumunan orang dalam jumlah besar. Kedatangan Nova dapat dipastikan akan membawa rombongan. Dan ini akan kontraprodukif dengan upaya pencegahan covid.

Kedua, Pemerintah Aceh juga hendaknya tetap bersiaga menghadapi lonjakan penularan corona. Langkah ini dapat dilakukan dengan terus melengkapi para petugas medis dengan alat pelindung diri maksimal dan mempersiapkan rumah sakit lain sehingga dapat menangani pasien covid secara maksimal.

Ketiga, sebagai bagian terpenting, adalah mempersiapkan program jaring pengaman sosial. Wabah ini telah memukul perekonomian Aceh dan dunia secara keseluruhan.

Perlu penanganan lebih serius agar masyarakat tidak mengalami kesusahan untuk mengakses kebutuhan pokok. Terutama warga miskin, warga menengah dan mereka yang berada di pedalaman.

Pemerintah Aceh dan pemerintah daerah jangan melupakan kelas menengah yang saat ini berpotensi menjadi miskin. Mereka adalah kelompok pekerja yang kehilangan pekerjaan atau terpaksa dirumahkan karena usaha mereka mandek.

Keberhasilan Pemerintah Aceh dan pemerintah daerah di Aceh untuk menekan laju penyebaran corona patut diapresiasi. Namun perjuangan bersama mengatasi corona dan dampaknya perlu diperkuat. 

Menjelang Ramadan yang hanya tinggal hitungan jari, perlu kebijakan yang lebih mengena agar kesehatan dan daya beli warga tetap terjaga. Rakyat masih butuh pelampung, agar tak tenggelam oleh gelombang covid yang belum reda. 

Komentar

Loading...