Unduh Aplikasi

Mendulang Riak di Cangkir Kopi

Mendulang Riak di Cangkir Kopi
Ilustrasi:

KOPI arabika gayo menjadi sorotan. Kali ini bukan karena cita rasa yang khas. Adalah protes dari sejumlah negara di Eropa atas keberadaan zat kimia dalam kandungan biji kopi yang dinilai melampaui ambang batas aman yang ditetapkan negara-negara di Benua Biru itu.

Keunggulan cita rasa kopi gayo masih menjadi nomor satu di dunia. Setidaknya hal ini terbukti dari harga per kilogram yang lebih tinggi dari kopi di belahan dunia lain. Salah satu penyebabnya adalah sifat organik dan cita rasa yang memang lebih nikmat ketimbang yang lain.

Kabar tentang paparan zat kimia di dalam kopi gayo ini membuat banyak pembeli di daerah itu memeriksa sampel biji kopi sebelum membeli. Kondisi ini jelas membuat resah banyak petani. Patut diwaspadai isu ini sengaja disebarkan untuk menekan harga kopi arabika gayo. Jika harga turun, dapat dipastikan keuntungan petani kopi bakal tergerus.

Karena itu, Pemerintah Aceh, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah perlu bertindak. Termasuk melakukan tes laboratorium untuk memastikan kebenaran isu yang berhembus dari Eropa itu dan memastikan hasil pemeriksaan itu dipublikasikan secara luas.

Pemerintah Aceh juga perlu mendiskusikan hal ini bersama Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan. Sebagai salah satu ekspor favorit, Pemerintah Aceh harus mampu meyakinkan para pembeli kopi di pasar internasional bahwa kopi arabika gayo aman dikonsumsi.

Isu ini juga hendaknya jadi perhatian para petani untuk menanam kopi dan mengembangkan kopi dengan cara yang lebih aman lagi. Termasuk memastikan cara aman membersihkan rumput di ladang kopi. Dengan demikian, kualitas kopi arabika gayo tidak mudah dipermainkan oleh pasar atau para importir nakal yang mencoba menekan harga demi keuntungan mereka.

Komentar

Loading...