Unduh Aplikasi

Mendoakan Mereka Tidur Lelap

Mendoakan Mereka Tidur Lelap
Ilustrasi: man style fashion.

MUDAH-mudahan Kepolisian Daerah Aceh tak perlu menunggu lebih lama untuk mendapatkan surat izin pemeriksaan terhadap anggota Dewan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dalam kasus dugaan korupsi beasiswa Aceh. Dengan demikian, kepolisian dapat segera menuntaskan kasus ini.

Ada enam anggota DPR Aceh yang akan diperiksa dalam perkara ini. Mereka adalah AA, AM, HY, IUA, YH dan ZF. Dari inisial ini, tak sulit rasanya menebak siapa saja mereka. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy mengatakan pemeriksan enam anggota DPRA aktif itu akan dilakukan setelah mendapat ijin dari Mendagri atas nama Presiden. 

Terdapat 25 anggota DPR Aceh periode 2014-2019 yang tercatat sebagai pengusul bantuan biaya pendidikan masyarakat Aceh 2017. Dari 25 orang tersebut, 16 di antara mereka telah dipanggil dan dimintai keterangan oleh penyidik dalam kasus tersebut. 

Untuk mengungkap kasus ini, penyidik memeriksa sekitar 483 mahasiswa penerima bantuan. BPKP Perwakilan Aceh menemukan indikasi penyaluran yang tidak sesuai dengan ketentuan persyaratan yang ditetapkan dalam Pergub Nomor 58 Tahun 2017. BPKP juga menemukan indikasi aliran uang kepada anggota dewan pengusul nama penerima beasiswa. 

Keseriusan kepolisian, serta kecepatan dalam proses pemeriksaan, adalah hal penting yang harus diperhatikan. Menjelang tahun politik, kita berharap agar urusan ini tidak dijadikan senjata untuk melumpuhkan politikus yang ingin maju pada pemilihan kepala daerah. 

Semakin cepat proses penyidikan dilakukan, akan semakin cepat pula masyarakat mendapatkan kepastian hukum terhadap dugaan penyimpangan ini. Dan anggota dewan pengusul dana beasiswa, tentu mereka yang tidak bersalah, akan dapat tidur lebih lelap di malam hari. 

Komentar

Loading...