Unduh Aplikasi

Mendagri Tito Tambah Panjang Daftar Polisi Jadi Petinggi Negeri

Mendagri Tito Tambah Panjang Daftar Polisi Jadi Petinggi Negeri
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian sebelum pelantikan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Foto: Kompas.com

JAKARTA - Muhammad Tito Karnavian menjadi pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi posisi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Kabinet Indonesia Maju. Nama Tito menambah panjang daftar polisi atau purnawirawan polisi yang menjadi pucuk pimpinan lembaga negara.

Tito dilantik Jokowi bersama nama-nama menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya di Istana Kepresidenan pada Rabu (23/10/2019). Saat memperkenalkan Tito sebagai Mendagri, Jokowi berpesan agar dia bersinergi dengan daerah hingga menyoroti regulasi terkait investasi.

"Menteri reformasi, harus sinergi dengan pemerintah daerah, mengenai data kependudukan, e-KTP berada di bawah tangan beliau. Termasuk masalah hukum di daerah, terutama yang berkaitan dengan investasi," ucap Jokowi.

Surat pemberhentian Tito sebagai Kapolri sendiri sudah dikirim ke DPR pada Selasa (22/10) dan disetujui. Tito pun melepas jabatannya sebagai Kapolri dan pensiun dari Polri meski masa dinasnya masih tiga tahun lagi.

Sebelum Tito, sudah ada nama-nama polisi aktif maupun pensiunan polisi yang menjadi pemimpin lembaga negara. Berikut daftarnya:

Komjen Heru Winarko Pimpin BNN

Komjen Heru Winarko menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) sejak 1 Maret 2018. Heru merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1985. Heru sempat menduduki jabatan di Mabes Polri, Kemenko Polhukam, hingga di KPK sebagai Deputi Penindakan.

Komjen Suhardi Alius Pimpin BNPT

Komjen Suhardi Alius menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sejak 20 Juli 2016. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Kabareskrim.

Komjen (Purn) Budi Waseso Pimpin Bulog

Budi Waseso pernah menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 2015 saat masih menjabat sebagai polisi aktif. Setelah pensiun selama dua bulan pada 2018, Buwas ditunjuk menjadi Direktur Utama Perum Badan Usaha Logistik (Bulog).

Komjen Setyo Wasisto Jabat Irjen Kemenperin

Komjen Setyo Wasisto menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sejak November 2018. Sebelumnya, Setyo merupakan Kadiv Humas Mabes Polri.

Irjen (Purn) Ronny Sompie Jabat Dirjen Imigrasi

Ronny Sompie pensiun dini dari kepolisian pada tahun 2015 setelah ditunjuk oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly sebagai Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Semasa aktif sebagai polisi, dia pernah menjabat sebagai Kapolda Bali dan Kadiv Humas Mabes Polri.

Jenderal (Purn) Budi Gunawan Jabat Kepala BIN

Budi Gunawan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) pada September 2016 dan sejak saat itu pangkatnya menjadi jenderal. Sebelumnya, Budi Gunawan pernah menjadi Wakapolri dan Kalemdikpol. Dia pensiun dari Polri pada Januari 2018 dan tetap menjabat sebagai Kepala BIN.

Irjen Firli Bahuri Terpilih Jadi Ketua KPK

DPR memilih Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan pada September 2019. Saat ini, Firli masih menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan dan baru akan dilantik pada Desember 2019 mendatang.

Jenderal (Purn) Tito Karnavian Jabat Mendagri

Tito Karnavian dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Kabinet Indonesia Maju dan dilantik pada 23 Oktober 2019. Secara otomatis, Tito pensiun dari Polri. Sebelumnya, Tito pernah menjabat sebagai Kapolda Papua, Kapolda Metro Jaya, hingga Kepala BNPT.

Komentar

Loading...