Unduh Aplikasi

Menantang Caleg Berkomitmen Tingkatkan Produktivitas Kopi

Menantang Caleg Berkomitmen Tingkatkan Produktivitas Kopi

Siapa Caleg DPRK, DPRA, DPR RI dan DPD RI yang berani berkomitmen membantu petani untuk meningkatkan produktivitas perkebunan kopi khususnya di dataran tinggi Gayo, dengan harapan pendapatan petani menjadi lebih baik dan berdaya.

Menurut data BPS produktivitas kopi green beans dalam satu hektar 720 Kg per tahun, bila asumsi harga 75.000 per Kg maka petani setiap KK memperoleh pendapatan Rp 50,4 juta. asumsi total biaya produksi mencapai 60% yaitu Rp 30,24 juta maka keuntungan per bulan petani sebesar Rp1,68 juta. Hasil yang diperoleh petani kopi masih tergolong belum layak bahkan Kepala keluarga tersebut mencukupi kebutuhan lebih dari 3 orang tanggungan.

Penting dikaji ulang bahwa permasalahan utama kopi di Aceh adalah terletak pada produktivitas. Kondisi ini berdampak terhadap cacatnya rantai distribusi kopi baik untuk domestik maupun ekspor.

Penurunan produktivitas sangat dipengaruhi oleh faktor budidaya dan iklim. Dimana banyak petani melakukan replanting menggunakan bibit bantuan yang masih diragukan sumber dan kualitas atau bahkan mengambil dari pertumbuhan bibit lelesan dibawah pohon.

Padahal kita ketahui bersama bahwa, apabila salah memilih pemimpin kita rugi lima tahun dan kedepan bisa pilih yang lain. Namun jika petani salah dalam memilih bibit kopi maka penderitaan minimal selama 20 tahun.

Persoalan lainnya menyangkut serangan hama dan penyakit tanaman seperti PBKo, jamur akar, penggerek cabang, embun jelaga, nematoda dan karat daun. Penting dicarikan solusi agar kegelisahan petani kopi segera terobati.

Manajemen dalam melakukan perawatan kebun perlu mendapat motivasi dari semua stakeholder, seperti pemangkasan, pemupukan berimbang, perawatan naungan, pengendalian hama penyakit terpadu hingga proses panen yang benar.

Peluang besar bagi para Caleg bila konsentrasi pada isu ini, karena menyangkut hajat hidup orang banyak. Ingat Kopi ingat Ekonomi Petani

Dedi Ikhwani,S.P
Staf pengajar D3 Agribisnis Unsyiah

Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Aceh Barat
iPustakaAceh
Ucapan Selamat Pelantikan DPRA - Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...