Unduh Aplikasi

Memicu Masalah dengan Masalah

Memicu Masalah dengan Masalah
Ilustrasi: thrive global

SAAT Aceh menyatakan siap untuk merawat pasien yang diduga terserang virus corona (covid-19), itu artinya seluruh sarana dan prasarana di fasilitas-fasilitas kesehatan telah tersedia. Ini juga termasuk ketersediaan dokter ahli dan petugas medis lainnya.

Dengan demikian, penanganan pasien yang diduga terserang virus tersebut bisa berjalan optimal. Termasuk untuk memastikan apakah seseorang berstatus positif terserang corona atau sebaliknya.

Otoritas kesehatan di Aceh menyatakan saat ini terdapat 10 pasien yang dirawat. Delapan di antaranya dinyatakan negatif. Sementara dua pasien lainnya masih menunggu hasil hasil pemeriksaan lanjutan di Jakarta.

Kesiapan ini juga termasuk dari sisi anggaran. Setelah melihat proses penularan yang cepat dan tak terkontrol, tindakan yang dilakukan harus lebih serius ketimbang pernyataan-pernyataan yang dilontarkan ke media massa.

Kebutuhan alat untuk mendeteksi penyakit ini serta melindungi para petugas medis juga harus tersedia. Dari A sampai Z. Dengan demikian, pasien yang datang bisa mendapatkan perawatan maksimal. Para petugas medis juga terlindungi dari potensi tertular.

Pemerintah Aceh juga perlu memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat secara lebih intens. Baik melalui petugas kesehatan yang tersebar hingga ke pelosok hingga lewat mimbar salat Jumat.

Masyarakat yang merasa tidak sehat, dengan menunjukkan gejala-gejala pneumonia serta demam dan batuk, agar segera memeriksakan kesehatan atau segera memberitahukan hal tersebut kepada petugas di nomor telepon posko yang telah disebar di media massa. Nomor telepon 0651 22118, nomor posko corona Aceh, bisa dihubungi kapan saja.

Mereka yang merasa tak sehat juga tak perlu malu apalagi takut untuk mengisolasi diri. Meski belum pasti, tak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Mungkin dengan menahan diri untuk tidak mengunjungi keramaian, termasuk untuk melaksanakan salat berjamaah di masjid.

Saat ini kita dihadapkan dengan penyakit yang menular cepat. Dan kita akan terus disodorkan dengan fakta-fakta baru terkait penyakit ini, penyebaran serta penyembuhannya. Yang harus kita lakukan adalah tetap tenang, waspada dan peduli terhadap lingkungan serta orang di sekitar kita. Karena kepanikan hanya memicu masalah dengan masalah. 

Komentar

Loading...