Unduh Aplikasi

Memburu Pembunuh Pemadam Kebakaran

Memburu Pembunuh Pemadam Kebakaran
KEMATIAN seorang petugas pemadam kebakaran di Aceh Utara perlu mendapatkan perhatian serius dari seluruh pihak. Saat ini, kepolisian tengah bekerja untuk mengungkapkan fakta di balik kejadian memilukan itu. Apalagi, dalam rekonstruksi kasus, terungkap bahwa korban ditarik oleh massa yang marah karena truk pemadam datang terlambat.

Semua berhak untuk marah. Apalagi di saat hartanya atau nyawanya terancam. Namun ini tak bisa dijadikan alasan untuk mencederai orang lain, atau bahkan membunuh orang yang dianggap bertanggung jawab atas kejadian itu.

Petugas pemadam kebakaran harusnya mendapatkan tempat dan rasa hormat yang baik di kalangan masyarakat. Karena mereka mempertaruhkan nyawa untuk mencegah api berkobar dan merambat lebih jauh dan membakar lebih banyak lagi.

Mereka juga manusia yang memiliki rasa takut saat berhadapan dengan api yang beringas. Namun atas nama tugas, mereka rela meletakkan diri dalam posisi yang sulit bahkan dapat mengancam keselamatan diri mereka sendiri. Itu ada adalah risiko pekerjaan.

Namun yang mereka tak perkirakan adalah kemampuan warga untuk mencelakai mereka. Fasdar adalah korban kekonyolan masyarakat yang merasa berhak menghakimi atas nama kemarahan. Mencaci maki dan melempari petugas dengan batu tak cukup untuk melampiaskan amarah. Harus ada darah yang mengalir untuk mengobati kemarahan itu.

Karena itu, polisi juga harus bertindak tegas. Terutama dengan mengungkap siapa saja memprovokasi massa dan menarik korban sehingga terjatuh dan tergilas roda belakang truk pemadam kebakaran. Polisi tak bisa berkilah bahwa itu adalah massa yang mengamuk. Kejadian ini dan mereka yang terlibat dapat ditelusuri dan ditemukan.

Tanpa kepastian hukum dan perlindungan terhadap petugas pemadam kebakaran, hal-hal ini akan terus berulang. Para “pembunuh” ini harus segera ditangkap dan diseret ke meja pengadilan. Harus ada yang memberitahukan kepada mereka, bahwa mencederai petugas tidak akan memadamkan api. Yang muncul malah bara api baru bernama dendam.
Iklan Pemutihan BPKB- Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...