Unduh Aplikasi

Memberangus Perampok Bersenjata Api

Memberangus Perampok Bersenjata Api
Ilustrasi: NIE

 KASUS perampokan di Desa Suka Raja, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, harus jadi perhatian aparat kepolisian. Peristiwa ini perlu diungkap cepat untuk memulihkan rasa aman di tengah kampung tersebut. 

Para perampok beraksi dengan cara yang sangat rapi. Sebelum membawa kabur sebuah kendaraan roda empat dan sebuah kendaraan roda dua, milik korban, mereka menyekap korban di dalam rumah. 

Saat itulah para perampok leluasa beraksi. Mereka menggeledah kamar dan mengambil uang dan perhiasan. Para korban diikat dan memberitahukan kejadian itu setelah berhasil melepaskan ikatan tersebut. 

Meski tak ada korban jiwa, tetap saja perampokan bersenjata itu memunculkan teror. Perampokan bersenjata api ini dengan cepat menimbulkan perasaan takut di kalangan masyarakat. 

Jika dibiarkan, hal ini dapat memunculkan timbulnya kondisi negatif dalam diri individu. Yang lebih membahayakan, muncul rasa curiga berlebihan kepada orang asing yang masuk ke suatu daerah. 

Perampokan juga mendorong warga tidak betah dan menyebabkan hubungan antarwarga terganggu. Reaksi emosional ini akan memunculkan perasaan terancam dan kecemasan yang tak seharusnya tak boleh dibiarkan tumbuh. 

Menangkap dan mengungkap para pelaku kejahatan itu adalah sebuah perkara wajib. Kecepatan dan ketegasan aparat penegak hukum dalam memberantas aksi kejahatan adalah cara untuk memulihkan rasa aman warga. 

Kejadian ini juga harus menjadi alarm bahwa orang-orang mulai nekat. Kesulitan ekonomi selama pandemi covid-19 mulai berbuntut pada meningkatnya aksi kejahatan. Karena itu, pemerintah daerah juga harus memberikan perhatian serius terhadap peristiwa ini. 

Masyarakat tidak cukup hanya diberikan imbauan, mereka juga butuh penghasilan untuk hidup dan menghidupi keluarga. Demi yang satu ini, banyak orang yang rela melakukan apa saja, tak terkecuali merampok.  

Komentar

Loading...