Unduh Aplikasi

Membangun Nalar Pemilih

Membangun Nalar Pemilih
ilustrasi

PARA kandidat kepala daerah baru saja menyelesaikan pemeriksaan kesehatan di Banda Aceh. Ini adalah salah satu tahapan yang harus mereka lalui untuk bisa mengambil nomor urut dalam Pemilihan Kepala Daerah 2019. Tak seperti tahun sebelumnya, pilkada kali ini hanya akan diikuti oleh tiga daerah di Aceh, yakni Aceh Selatan, Subulussalam dan Pidie Jaya.

Namun tetap saja suhu politik akan sedikit meninggi, tak hanya di daerah ini, namun juga di daerah-daerah sekitarnya. Apalagi, pelaksanaan pilkada kali ini sangat dekat dengan pelaksanaan Pemilihan Umum 2019. Partai politik akan berupaya lebih keras memenangkan calon yang diusung, terutama mereka yang tidak terlalu berhasil pada Pilkada 2017.

Untungnya, satu ganjalan penting sudah terselesaikan. Mahkamah Konstitusi mengembalikan hak Aceh untuk menggunakan Undang-Undang Pemerintah Aceh dalam pelaksanaan pemilihan, bukan rezim Undang-Undang Pemilu. Dengan demikian, tekanan di tingkat penyelenggara pemilihan dapat ditekan.

Tinggal sekarang bagaimana mengupayakan pemilihan yang bersih, jujur dan adil. Politikus hendaknya tidak memaksakan kehendaknya dan menabrak aturan main yang telah disepakati dalam undang-undang. Apalagi sampai menggiring isu politik menjadi isu SARA.

Dengan menggunakan media massa atau media sosial, pesan yang disampaikan oleh para politikus dan tim suksesnya harus mampu mengubah perilaku pemilih; menjadikan mereka lebih cerdas dan memahami hak dan kewajiban politik. Bukan malah menjerumuskan dan memecah belah masyarakat.

Pesta demokrasi ini harusnya menjadi lahan tumbuh dan berkembangnya partisipasi publik. Demokrasi lahir dan tumbuh dari prinsip kesetaraan dan rasionalitas publik. Politikus yang terlibat di dalamnya harus mampu mendorong kualitas pelaksanaan pilkada dengan membangun kredibilitas.

Dengan demikian, pemilih tak sekadar mengandalkan perasaan. Pilihan akan dijatuhkan berdasarkan pertimbangan rasional. Dan ini akan lebih berarti dan menjadi modal bagi partai politik menghadapi Pemilu 2019.

Komentar

Loading...