Unduh Aplikasi

Memastikan Jurnalisme Tetap Bertahan

Memastikan Jurnalisme Tetap Bertahan
Ilustrasi: WTG.

MASA depan itu datang lebih cepat. Perkembangan teknologi menjadikan kehidupan berubah lebih cepat. Bahkan terhadap hal-hal yang sebelumnya tidak terpikir. Mereka yang siap akan bertahan, yang tidak akan tergilas. 

Termasuk bagi media massa. Pergeseran teknologi informasi menyebabkan para profesional di bidang ini harus mampu beradaptasi. Mungkin era surat kabar telah berakhir, namun bagi mereka yang siap, era teknologi juga menjadi peluang besar untuk mengembangkan media massa, baik dari sisi bisnis maupun jurnalistik.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia, Teguh Santosa, media massa berbasis internet berpeluang besar menjadi market place yang dapat mempertemukan berbagai potensi yang ada di tengah masyarakat.

Artinya, perusahaan pers media siber dapat berperan menjadi lokomotif pembangunan. Media berbasis internet dapat menjadi penyaji informasi untuk mengakomodir dan mendorong pertumbuhan usaha di daerah-daerah. 

Saat ini, media massa memang masih keteter dan sulit menyaingi perkembangan media sosial. Hal ini didorong oleh hasrat berekspresi semua orang yang dapat dilakukan dengan mudah. Ada banyak saluran untuk berekspresi dan meraih apresiasi. Mulai dari Youtube, Facebook, instragram, atau tik tik. 

Namun hal ini hendaknya tidak menjadikan media massa berbasis internet latah dan mencoba menjadi media sosial dari sisi perilaku. Apapun tantangannya, media massa harus tetap menjadi media massa. Mereka dituntut untuk berpegang pada kode etik jurnalistik. 

Ini adalah prinsip dan pandu penjaga identitas. Karena itu, kemampuan para jurnalis untuk memverifikasi informasi dan memastikan kesahihan atas sebuah informasi adalah kunci. Karena selain tuntutan itu, media massa siber juga dihadapkan pada tantangan untuk menyajikan informasi secara cepat. 

Pandemi ini mengajarkan banyak hal tentang pentingnya informasi yang akurat. Jika sebelum pandemi media sosial memakan sebagian besar kuota internet, masyarakat saat ini mulai kembali melirik media massa siber sebagai rujukan informasi. 

Momentum ini harus dimanfaatkan dengan berinvestasi kepada jurnalis dan produk-produk jurnalistik yang mengedepankan perbaikan kualitas hidup di seluruh bidang. Keyakinan para pembaca harusnya dijadikan sebagai modal penting untuk menjaga agar jurnalisme tetap berjalan di rel yang benar; berintegritas. 

Di masa yang akan datang, jurnalisme akan tetap mendapatkan tantangan yang tidak mudah. Karena itu, seluruh elemen, baik itu organisasi profesi wartawan atau organisasi perusahaan pers, harus bersinergi untuk memastikan rel itu tetap ada untuk dilewati setiap orang yang mendedikasikan diri untuk menghadirkan jurnalisme yang berkualitas, yang menjadi pegangan publik yang terus bergerak; dinamis.

Komentar

Loading...