Unduh Aplikasi

Melintas Geureutee Tanpa Was-Was

Melintas Geureutee Tanpa Was-Was
Ilustrasi: flare

PEMERINTAH Aceh tanggap terhadap permasalahan menahun yang dialami warga saat melintas dari Banda Aceh ke Calang. Jalan terjal dan sempit di Gunung Geureutee, Aceh Jaya, menambah risiko pelintas jalan itu.

Perasaan was-was saat melintas itulah yang sering kali dirasakan oleh masyarakat di Barat Selatan. Di musim hujan, para pelintas akan berhadapan dengan longsoran batu dan batang pohon yang longsor.

Belum lagi mereka harus berhadapan dengan truk berukuran besar pengangkut barang. Sering kali kendaraan berbadan besar ini berhenti di badan jalan karena rusak akibat tak sanggup melintasi tanjakan yang curam.

Semakin lama risiko kecelakaan saat melintasi jalan ini semakin tinggi. Namun sayang, hingga saat ini, tak ada upaya serius Pemerintah Aceh untuk melebarkan jalan ini. Rencana membuat terowongan yang menembus perut Geureutee menguap. Padahal, di masa Gubernur Zaini Abdullah, rencana pembangunan jalan ini santer terdengar.

Pemerintah pasti sangat memahami pentingnya pembangunan infrastruktur jalan dalam meningkatkan perkembangan sebuah daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Ibarat nadi, jalan adalah arteri yang menyalurkan “darah” ke seluruh jaringan daerah.

Jalan juga menjadi alasan penting dalam mengurangi kesenjangan sosial. Apalagi di saat ini, perkembangan teknologi informasi membutuhkan akses jalan yang memudahkan perpindahan produk dari satu tempat ke tempat lain; tanpa hambatan.

Pembangunan terowongan Geureutee, atau melebarkan jalan di gunung itu, adalah hal penting. Terowongan ini akan mempersingkat jarak tempuh dan mengurangi risiko kecelakaan. Melebarkan jalan juga penting agar kendaraan pengangkut bahan pokok dan bahan bakar minyak dan gas bisa melintas dengan mudah dan lancar.

Pemerintah Aceh harusnya lebih kreatif mencari jalan keluar dari permasalahan ini. Kalau memang tidak punya biaya, pemerintah harusnya bisa melobi pemerintah pusat untuk mewujudkan pembangunan terowongan Geureutee atau melebarkan jalan yang ada. 

Dengan demikian, harga barang di kawasan barat selatan Aceh juga bisa lebih murah. Isu kesenjangan antara pantai timur dan pantai barat selatan yang kerap dimunculkan pun akan hilang dengan sendirinya.

Komentar

Loading...