Unduh Aplikasi

Melindungi Tenaga Medis

Melindungi Tenaga Medis
Ilustrasi: freepik

RASA terima kasih kepada para petugas medis hendaknya ditunjukkan dengan cara yang sungguh-sungguh. Tanpa mereka, penanganan pandemi covid-19 ini tak akan seperti yang kita rasakan sekarang. 

Mereka adalah orang-orang yang berjibaku di awal-awal pandemi tanpa alat pelindung diri yang memadai. Banyak di antara mereka yang hanya “dipersenjatai” dengan mantel hujan atau pelindung lain yang seharusnya disediakan oleh pemerintah. 

Banyak pula di antara mereka meninggal dunia karena terpapar covid-19. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Mereka merawat dan menyembuhkan pasien dalam tanpa dilengkapi buku panduan yang pasti, terutama di awal-awal pandemi. Mereka seperti bekerja dalam ruang minim cahaya. Mereka mempertaruhkan nyawa.

Para tenaga medis juga kerap dihadapkan dengan perilaku masyarakat yang kerap menggampangkan sebuah masalah. Mereka harus terima dicaci dan dimaki hanya karena keluarga pasien tidak terima atas perlakuan standar untuk mencegah penularan virus ini. 

Ada keluarga yang memaksa mengambil jasad keluarga mereka yang wafat setelah tertular covid-19 meski aturan melarang mereka melakukan hal itu. Ada pula yang enggan menggunakan masker atau menutup-nutupi riwayat perjalanan mereka dari zona merah penyebaran. 

Mereka juga mendapat penolakan dari segelintir orang yang merasa takut tertular virus ini saat para petugas medis menyelesaikan tugas di pusat-pusat pelayanan kesehatan. Seolah-olah mereka adalah penyebar wabah yang tak berhak kembali ke tempat tinggal. 

Ancaman terhadap para petugas medis hingga kini masih teramat besar. Tentu saja kita berharap agar ada langkah politik yang mampu mendorong upaya perlindungan terhadap para dokter, perawat dan tenaga kesehatan lain untuk tetap berdiri di garis terdepan perlawanan terhadap covid-19. 

Kita berharap agar pemerintah bersikap proporsional, perlu, dan tidak diskriminatif. Karena pertarungan melawan virus ini tetap harus mengedepankan upaya-upaya logis dalam melindungi para petugas medis. 

Komentar

Loading...