Unduh Aplikasi

Melindungi Nasib Buruh

Melindungi Nasib Buruh
Ilustrasi: carney sandoe

PEMERINTAH Kabupaten Aceh Barat tidak boleh berpangku tangan melihat masalah yang dihadapi oleh ratusan karyawan PT Mapoli Raya. Pemerintah sebagai regulator harus memiliki solusi untuk mendorong perusahaan perkebunan kelapa sawit itu membayar kewajibannya kepada para pekerja di perusahaan itu.

Saat, tercatat sebanyak 600 pekerja di perusahaan itu tidak menerima gaji. Tahun lalu saja, perusahaan tidak membayar gaji di bulan November dan Desember. Janji untuk melunasi gaji tersebut pada 14 Januari 2020 pun tinggal janji.

Pemerintah harusnya mampu menjamin setiap perusahaan yang beroperasi mampu menunaikan kewajibannya. Karena itu, perlu ada laporan bulanan yang disampaikan oleh perusahaan kepada pemerintah sebagai bentuk pengawasan.

Pemerintah tak boleh membiarkan para pekerja tak menerima gaji, sebagaimana perjanjian kerja dengan perusahaan itu. Apalagi, masyarakat pekerja di perusahaan itu membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Pemerintah perlu memastikan bahwa perusahaan ini beroperasi tanpa merusak. Apalagi di saat yang bersamaan, perusahaan, misalnya, mendapatkan untung besar.

Meski tidak ada larangan bagi para buruh untuk berunjuk rasa menuntut gaji layak bagi mereka, pemerintah sebagai regulator harusnya tetap memastikan hak pekerja dipenuhi. Dengan demikian, tak ada pihak yang dikorbankan untuk kepentingan perusahaan.

Komentar

Loading...