Unduh Aplikasi

Medco Jangan Bikin Celaka

Medco Jangan Bikin Celaka
ilustrasi.

PERUSAHAAN sebesar PT Medco E&P Malaka harusnya bekerja dengan penuh ketelitian. Sebagai perusahaan perminyakan dan gas ternama di Indonesia, keselamatan kerja adalah sebuah keharusan operasional perusahaan. Ini adalah standar yang berlaku di perusahaan sejenis di seluruh penjuru dunia.

Keselamatan kerja tak hanya untuk para pekerja. Perusahaan harus juga menjamin keselamatan nyawa dan harta orang-orang yang berada di sekitar lokasi eksploitasi. Karenanya, saat sejumlah tanah perkebunan milik masyarakat di sekitar lokasi operasi Medco, di Gampong Alue siwah Serdang, Kecamatan Nurussalam, Aceh Timur, tertimbun longsor, akan menjadi sebuah preseden yang tak elok.

Dalam surat yang ditandatangani oleh pejabat Geuchik Alue Siwah Serdang bernomor: 186/2028/AT/2017, disebutkan bahwa tanah milik Trimo seluas 5996,25 meter telah tertimbun longsor akibat pekerjaan penimbunan lokasi Medco. Pemilik lain yang mengalami kerusakan akibat pekerjaan Medco adalah Mansyur dan Syahrial. Semua lahan itu bersisian dengan milik Medco.

Budaya keselamatan kerja perusahaan-perusahaan di Aceh memang masih sangat buruk. Karena itu, perlu komitmen dari perusahaan untuk menjamin tak ada kecelakaan yang mungkin mengakibatkan korban jiwa, baik di kalangan pekerja atau masyarakat dan bahkan properti di sekitar kawasan eksploitasi.

Para vendor di perusahaan itu juga harusnya mampu bekerja dengan baik dengan tidak mengabaikan kerusakan yang mereka timbulkan di sekitar lokasi eksploitasi. Ini adalah sebuah tanggung jawab yang harus dipenuhi sebagai konsekuensi pengambilan sumber daya alam. Perusahaan pun harus mengawasi pekerjaan vendor dengan seksama. 

Industri migas bukan sekadar industri yang membutuhkan modal besar dan teknologi tinggi. Pekerjaan yang dilaksanakan juga memiliki risiko tinggi. Karena itu, keselamatan, baik seluruh orang di perusahaan atau mereka yang berada di sekelilingnya harus benar-benar terjaga. Keselamatan harus jadi prioritas. Medco jangan malah membawa celaka.

Komentar

Loading...