Unduh Aplikasi

Mayoritas Penghuni Lapas Kelas III Calang Napi Kasus Narkotika

Mayoritas Penghuni Lapas Kelas III Calang Napi Kasus Narkotika
Kepala Lapas Kelas III Calang, Aceh Jaya, Rusli saat memberikan keterangan kepada awak media. Foto: AJNN/Suar.

ACEH JAYA - Sebanyak 63 dari 96 total warga binaan di Lapas kelas III Calang, Aceh Jaya ternyata dihuni oleh nara pidana (Napi) dengan kasus narkotika, baik itu ganja, sabu-sabu dan sejenisnya.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Lapas Kelas III Calang, Rusli kepada sejumlah awak media usai pemberian remisi di hari kemerdekaan RI ke 75 tahun, Senin (17/8).

Katanya, dari 96 total warga binaan, hanya satu orang yang perempuan dengan kasus prostitusi online yang melibatkan anak di bawah umur. Sementara sebanyak 63 napi merupakan kasus narkotika, dan selebihnya kasus umum lainnya baik itu kriminal dan sebagainya.

Selain itu, berdasarkan keputusan Kementerian Hukum dan HAM, jika sebanyak 58 dari 96 total warga binaan Lapas Kelas III Calang, Aceh Jaya juga mendapat remisi di hari kemerdekaan RI ke 75.

"Tadi kami juga sudah berikan remisi terhadap 58 dari 96 total warga binaan di Lapas kelas III Calang secara simbolis," tutur Rusli.

Sementara itu, pihaknya juga mengaku semenjak wabah Covid-19 ini berlangsung hingga hari ini semua warga binaan Lapas Kelas III Calang mematuhi protokol kesehatan untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan Lapas Kelas III Calang.

"Kami dari awal sudah membatasi kontak langsung warga lapas dengan masyarakat luar, dan kita sudah jelaskan alhamdulillah mereka paham," sambungnya.

"Kami juga sering mengadakan video call dengan keluarga warga binaan jika mereka sedang rindu ingin melihat keluarga," tambah Rusli.

Komentar

Loading...