Unduh Aplikasi

MaTA dan KIA sosialisasi informasi publik di Aceh Timur

MaTA dan KIA sosialisasi informasi publik di Aceh Timur
KIA

ACEH TIMUR- Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) bekerjasama Komisi Informasi Aceh (KIA) mengadakan diskusi publik terkait keterbukaan informasi publik di Kabupaten Aceh Timur, Selasa (17/03).


Diskusi bertema keterbukaan informasi publik menuju sektor kehutanan dan tata guna lahan yang baik ini dilaksanakan di Aula SKB Kabupaten Aceh Timur. Dalam diskusi ini diikuti perwakilan Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) dan unsur masyarakat serta LSM.


Dalam acara tersebut menghadirkan dua pembicara, yakni Zainuddin T yang merupakan anggota KIA dan Armansyah Kabid Perkebunan Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Aceh Timur. Dalam pemaparannya, Armansyah menjelaskan, pihaknya sangat mendukung keterbukaan informasi publik.


 " Selama ini Dinas Perkebunan dan Kehutanan Aceh Timur sudah melakukan sosialisasi baik kepada perusahaan maupun kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok tani,namun aturan yang sering berubah-ubah membuat pihak dinas agak kesulitas dalam menjalankan berbagai kebijakan tersebut." Ungkap Amansyah.


Dalam kesempatan tersebut Komisioner KIA, Zainuddin T juga menambahkan keterbukaan informasi memang sudah menjadi amanah Undang-undang yang harus dilaksanakan.


" UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik telah mengatur hak dan kewajiban badan publik. Siap tidak siap, setuju tidak setuju, pemerintah atau badan publik harus menyedian informasi publik." Tambahnya.


 Arman Fauzi selaku perwakilan LSM MaTA menyebutkan bahwa keterbukaan informasi ini adalah hak masyarakat. Disamping itu, dengan keterbukaan informasi harapan kita bisa meningkatkan partisipasi publik dalam pembangunan.


" Kegiatan sosialisasi keterbukaan informasi publik sektor kehutanan di Aceh Timur ini merupakan rangkaian dari roadshow 6 kab/kota di Aceh. Lusa, Kamis (19/3), akan digelar di Aceh Tamiang. Sebelumnya sudah digelar di Bener Meriah, Subulussalam dan Aceh Utara. Tutup Arman.


SP

Komentar

Loading...