Unduh Aplikasi

Masyarakat Diimbau Waspada Potensi Cuaca Buruk

Masyarakat Diimbau Waspada Potensi Cuaca Buruk
Ilustrasi. Foto: Net

LHOKSEUMAWE – Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Malikussaleh Aceh Utara mengimbau kepada seluruh masyarakat Aceh khususnya yang ada di enam kabupaten dan kota supaya waspada hujan deras disertai angina kencang yang diperkirakan akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Ke enam kabupaten dan kota tersebut yakni, Bireuen , Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa dan Bener Meriah, dan diperkirakan juga dapat meluas hingga ke Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan sekitarnya.

Prakirawan BMKG Malikussaleh, Winda R Taranita mengatakan, hal tersebut terjadi karena masih terdapat adanya potensi hujan di wilayah tersebut yakni, aktifnya gelombang atmosfer MJO, di wilayah Indonesia bagian barat.

“Untuk wilayah kita sendiri terpantau disertai oleh belokan angin dan pertemuan massa udara. Sehingga dapat menyebabkan terbentuknya awan-awan menjulang tinggi penghasil hujan yang disebut Cumulonimbus,” kata Winda kepada AJNN, Kamis (6/6).

Oleh karena itu kepada masyarakat pihaknya mengimbau supaya waspada terjadinya hujan lebat mulai hari ini hingga tanggal 10 juni 201 mendatang. Untuk pengendara sepeda motor, mungkin agar disiapkan keperluannya dalam berkendara saat hujan seperti mantel dan sepatu boots.

“Dan juga diharapkan kepada masyarakat harus waspada jika terbentuk awan menjulang tinggi berwarna hitam, yang dapat berpotensi menyebabkan petir dan angin kencang.

Hindari berteduh di bawah pohon ataupun berada di tengah-tengah tanah lapang seperti sawah dan pantai, sesegera mungkin untuk berteduh di dalam bangunan rumah yang kokoh,” pungkasnya.

iPustakaAceh

Komentar

Loading...