Unduh Aplikasi

Masyarakat Diajak Awasi Dana Desa

Masyarakat Diajak Awasi Dana Desa
BANDA ACEH - Sekretaris Jenderal Forum Gerakan Pemuda Peduli Aceh (FORGEPPA) Muhammad Arsyad mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif dalam membantu mengawasi penggunaan anggaran dana desa di Aceh.

"Aceh tahun ini mendapatkan Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemerintah pusat jauh lebih besar dibandingkan jatah tahun 2015. Oleh karena itu kami mengajak masyarakat desa, LSM dan para pemuda untuk berperan aktif dalam mengawasi bantuan dana desa tersebut dan segala bentuk bantuan dari pemerintah, hal ini bertujuan agar tidak ada penyalahgunaan,” kata Arsyad, Jumat (25/3).

Selain itu, pihaknya juga berharap kepada aparat desa yang diberikan amanah mengelola dana desa harus transparan serta jangan disalahgunakan, karena akan berurusan dengan aparat hukum.

"Pemerintah desa harus transparan dalam penggunaan dana desa, seperti rincian penyalurannya dapat dipublikasi di papan pengumuman dan harus disampaikan kepada masyarakat secara terbuka tentang pemanfaatan di lapangan," jelasnya

Menurutnya, dengan adanya keterbukaan yang dilakukan oleh pemerintah desa, maka secara otomatis masyarakat tidak akan curiga terhadap dana-dana yang digunakan dalam memajukan desa.

"Kami berharap kepada seluruh perangkat desa agar publikasi penggunaan dana desa secara otomatis harus dipublikasi di papan pengumuman. Aparat desa juga harus siap menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat. Sebab, melalui sifat terbuka, prinsip akuntabilitas bisa terwujud,” tegas Arsyad.

Komentar

Loading...