Unduh Aplikasi

Masyarakat Abdya Keluhkan Kondisi PPI Ujong Seurangga

Masyarakat Abdya Keluhkan Kondisi PPI Ujong Seurangga
Ppi abdya
ACEH BARAT DAYA - Sejumlah masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengeluhkan kondisi lokasi kompleks Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga, Kecamatan Susoh, Kabupaten setempat, yang terlihat begitu kotor dan memprihatinkan sebab hampir di setiap sudut dipenuhi oleh serakan sampah.

Samsul warga Kecamatan Susoh yang ditemui wartawan usai membeli ikan di kawasan itu mengaku prihatin dan risih dengan kondisi PPI Ujong Serangga yang jauh dari kesan kebersihan.

“Sampah berserakan dimana-mana, bahkan hingga ke dalam saluran, namun belum terlihat adanya upaya dari dinas terkait dalam menanggulangi persoalan kebersihan ini,”ungkapnya.

Padahal, sebutnya, lokasi PPI Ujong Serangga selain banyaknya masyarakat yang berdatangan untuk membeli ikan, juga sebagai tempat bernaungnya para nelayan dan pedagang yang berjualan dilokasi tersebut.

“Sudah semestinya di bersihkan, sebab yang memamfaatkan fasilitas bukan saja masyarakat pembeli ikan, tetapi juga nelayan dan pedagang,” imbuh Samsul.

Menurut Samsul, kondisi tersebut sudah lama terjadi bahkan sudah menjadi tontonan bagi yang melakukan aktivitas jual beli ikan.

”Tumpukan sampah yang berserakan di saluran air dan seputaran jalan kompleks PPI Ujung Serangga, sudah menjadi tontonan bagi mereka yang melakukan aktivitas jual beli ikan dan pihak Dinas terkait yang berkantor dalam kompleks tersebut,” keluhnya.

Hal yang sama juga diutarakan Wandi Syarial, warga Kecamatan Blangpidie yang hampir setiap hari menjadi langganan membeli ikan di PPI tersebut.

“Setidaknya dinas terkait turun dan memantau kondisi, jangan terkesan melakukan pembiaran ,” ungkapnya.

Ia berharap, agar dinas terkait dapat berperan aktif dalam memberikan sosialisasi kepada nelayan dan pedagang agar tidak mengotori PPI Ujung Serangga ataupun dengan upaya lain.

“Kita berharap ada upaya dari dinas untuk menanggulangi masalah ini, agar para nelayan dan pedagang tidak lagi mengotori PPI Ujung Serangga,” pintanya.

Sementara itu, Kepala DKP Abdya, Muslim yang dihubungi AJNN, Jumat (23/10) melalui saluran seluler menjelaskan pihaknya akan segera melakukan penertiban dan pembersihan.

”Insya Allah besok pagi kita langsung turun sekaligus kita gaji orang untuk membersihkan saluran yang kotor kemudian baru tahapan sosialisasi," tuturnya

Menurut muslem, selama ini pihaknya sudah melakukan upaya seperti menyediakan tong sampah agar nelayan dan pedagang tidak membuang sampah.

”Sudah kita sediakan tong sampah, mungkin belum ada kesadaran dari msyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, sehingga berserakan,” jelasnya

Ia menambhakan, untuk anggaran pembersihan memang belum ada dan sudah diusulkan dalam APBK-P 2016.

”Sementara belum ada angaran pembersihan dan sudah kita usulkan untuk tahun ini dalam APBK-P,” tutup Muslim.

|JULIDA FISMA

Komentar

Loading...