Unduh Aplikasi

Masuki Panen Raya, Harga Gabah di Abdya Terus Merosot

Masuki Panen Raya, Harga Gabah di Abdya Terus Merosot
ilustrasi panen gabah. Foto: Ist

ACEH BARAT DAYA - Memasuki musim panen padi di Kabupaten Aceh Barat Daya (Daya), harga gabah kering merosot dari harga sebelumnya Rp 4.800/Kg kini turun menjadi Rp 4.300/Kg.

 “Saat ini harga gabah kering turun menjadi Rp 4.300/Kg, sebelumnya beberapa hari yang lalu harganya Rp 4.800/Kg," kata Zulkiram, salah satu petani di Kuala Batee, kepada AJNN, Kamis (11/2).

Zulkiram mengungkapkan, setiap memasuki musim panen raya, harga gabah padi di kabupaten berjulukan breh sigupai akan terus merosot.

Padahal, kata Zulkiram, biaya produksi untuk membeli pupuk, bibit, obat-obatan maupun ongkos kerja sudah tinggi. Sehingga, dengan turunnya harga gabah membuat petani di Abdya merugi.

"Kalau sudah memasuki panen raya memang sudah lazim kalau harga terus merosot, padahal biaya produksi tinggi, mau tidak mau petani harus menjual dengan harga rendah, karena untuk keperluan biaya," tuturnya.

Zulkiram berharap, Pemerintah Abdya mampu mengatasi turunnya harga gabah padi disetiap memasuki musim panen raya. Apalagi, dengan adanya pabrik modern milik pemkab, agen tidak bisa melakukan manipulasi harga gabah di Abdya.

"Saya berharap agar masalah harga gabah memasuki musim panen bisa diatasi oleh Pemkab Abdya, apalagi pabrik modern sudah rampung dikerjakan, tentu ini menjadi solusi bagi petani padi, sehingga agen tidak ada permainan harga gabah ketika memasuki panen raya," tutupnya.

Komentar

Loading...