Unduh Aplikasi

Masuk Zona Merah, Kesadaran Masyarakat Pidie Pakai Masker Masih Kurang

Masuk Zona Merah, Kesadaran Masyarakat Pidie Pakai Masker Masih Kurang
Petugas razia memberikan pemahaman kepada seorang pengendara yang tidak menggunakan masker. Foto: AJNN/Salman

PIDIE - Menyusul ditetapkan Kabupaten Pidie salah satu daerah zona merah Virus Corona (Covid-19), Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten setempat merazia pengguna jalan yang tidak menggunakan masker di seputaran Masjid Agung Alfalah Sigli.

Kapolres Pidie AKBP Zulhir Destrian melalui Kabag Pos AKP Wahyudi disela-sela giat razia kepada wartawan, Senin (7/9) mengatakan, kesadaran masyarakat menggunakan masker masih kurang saat beraktivitas di luar rumah, apalagi saat ini Kabupaten Pidie dalam status zona merah jadi tidak mungkin lagi sebatas menghimbau dan sosialisasi.

"Jadi razia hari ini, kami berikan sanksi sosial terhadap pengguna jalan mengabaikan protokoler kesehatan seperti tidak menggunakan masker," ujarnya.

Sanksi sosial yang diberikan kepada masyarakat yang tidak menggunakan masker yakni membersihkan pekarangan mesjid setempat dengan fasilitas pembersih yang telah disediakan.

"Jadi sanksi sosial yang diberikan hari ini yakni membersikan pekarangan mesjid dan fasilitas umum, kita melihat kedisiplinan masyarakat mengunakan masker masih kurang," kata Wahyudi.

Pantauan AJNN di lokasi razia masker, seorang pria lanjut usia pengendera sepeda motor (Sepmor) yang tidak menggunakan masker sempat bersitegang dengan petugas razia dengan menanyakan dasar hukum penggunaan masker.

Namun setelah diberikan pemahaman pentingnya menggunakan masker di tengah pandami Covid-19 lalu pengendara tersebut baru mengerti.

Komentar

Loading...