Unduh Aplikasi

Masuk Tahun Ajaran Baru Permintaan Buku Tulis Meningkat

Masuk Tahun Ajaran Baru Permintaan Buku Tulis Meningkat
Pedagang memilih buku di pasar Inpres Kota Lhokseumawe. Foto: Sarina

LHOKSEUMAWE – Memasuki tahun ajaran baru 2018-2019, permintaan buku dan alat-alat tulis di pasar tradisional Kota Lhokseumawe meningkat. Sementara itu, harga buku sendiri mengalami peningkatan sebesar Rp 10 ribu dari tahun sebelumnya, Sabtu (23/6).

Pantauan AJNN, di pasar Inpres Kota Lhokseumawe, sejumlah warga mengerumuni pedagang buku di pasar itu, selain membeli buku, mereka juga membeli alat tulis, kotak pensil, sampul buku dan perlengkapan sekolah lainnya.

Salah seorang pedagang, Taufiq mengatakan, pembeli buku dan alat-alat tulis sudah mulai ramai semenjak hari raya ke empat lalu. Permintaan tersebut meningkat karena memasuki tahun ajaran baru, sehingga ramai anak-anak yang baru masuk sekolah baru dan juga yang baru naik kelas.

“Pembelinya ramai, dan setiap hari tidak pernah sepi. Mereka membeli lebih awal supaya ketika sudah mendekati hari masuk sekolah tidak sibuk lagi,” kata Taufiq kepada AJNN.

Taufiq menambahkan, untuk tahun ini, harga buku meningkat Rp 10 ribu dari tahun sebelumnya. Saat ini untuk jenis dan merek yang kualitas bagus Rp 40 ribu per lusin dari sebelumnya Rp 35 ribu per lusin, sementara untuk merek buku yang kualitas sedang Rp 35 ribu dari sebelumnya Rp25 ribu per lusin.

“Kenaikan buku ini menurut informasi karena mahalnya harga kertas. Sementara buku-buku yang saya jual berkisar Rp 20 ribu hingga Rp 45 ribu, tergantung jenis dan mereknya,” imbuhnya.

Gemas-Dinas pendidikan aceh

Komentar

Loading...