Unduh Aplikasi

MAMPU TAMPUNG 940 JAMAAH

Masjid Nyak Sandang Didesain Menyerupai Pesawat Terbang

Masjid Nyak Sandang Didesain Menyerupai Pesawat Terbang
Desain pembangunan Masjid Baitussalam Nyak Sandang, Lamno Aceh Jaya. Foto: For AJNN.

ACEH JAYA - Masjid Baitussalam Nyak Sandang yang didesain khusus menyerupai pesawat terbang Seulawah 001 itu mampu menampung sebanyak 940 Jamaah.

Pembanguan Masjid Nyak Sandang yang dikerjakan kontraktor pelaksana PT Putra Nanggroe Aceh serta Konsultan Perencana oleh CV TaRGet Consultant dengan Rp 34 miliar itu diperkirakan akan selesai dalam 12 bulan .

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh, M. Yoga Habibi, mengatakan pembangunan Masjid Nyak Sandang yang dibangun dengan APBN tersebut sengaja didesain menyerupai pesawat terbang sebagai bentuk penghargaan dan bukti sejarah yang harus dilestarikan.

"Tahun 2019 dilakukan perencanaan pembangunan Masjid Nyak Sandang yang melibatkan berbagai kalangan, dan tanggal 8 Oktober 2020 kemarin dilakukan penandatangan kontrak," kata M.Yoga.

Lanjutnya, pembangunan Masjid Nyak Sandang dengan luas bangunan 2.018 diatas lahan seluas 4.900 tersebut nantinya mampu menampung jamaah sebanyak 940 orang.

"Untuk kontrak pengerjaannya selama 365 hari atau 1 tahun dengan menggunakan anggaran APBN," terangnya.

Katanya, pembangunan Masjid Nyak Sandang ini nantinya juga diharapkan menjadi Landmar wilayah barat Aceh Jaya, serta bisa menjadikan wisata religi dan bukti sejarah pengorbanan rakyat Aceh terhadap kemerdekan RI.

Karena, selain sarana ibadah, Masjid Nyak Sandang juga dilengkapi berbagai fasilitas lainnya seperti, Balai Pengajian, Perpustakaan, Ruang Gallery, Kios Souvenir, Ruang Kantor Pengurus dan Fasilitas pendukung lainnya.

"Mari kita sama-sama ikut menyukseskan pembangunan Masjid Nyak Sandang ini yang merupakan permintaanya langsung kepada Presiden beberapa waktu lalu," pungkasnya.

Komentar

Loading...