Unduh Aplikasi

Masa Penggunaan Berakhir, Rp 1 Miliar Lebih Dana Rehab Rekon Pijay Kembali ke Pusat

Masa Penggunaan Berakhir, Rp 1 Miliar Lebih Dana Rehab Rekon Pijay Kembali ke Pusat
Ilustrasi. Foto: Net

PIDIE JAYA - Dana rehab rekon pasca gempa Pidie Jaya 7 Desember 2016 harus dikembalikan ke Pemerintah Pusat sebesar Rp 1 miliar. Hal itu disebabkan, masa penggunaan dana hibah tersebut berakhir sejak 30 September 2019.

”Dari Rp 343 miliar lebih dana hibah tahun 2017 untuk rehab rekon, Rp 1 miliar lebih harus dikembalikan ke Kementerian Keuangan, karena masa pemakaiannya telah berakhir sejak 30 September 2019,” kata Kepala Bidang Rekontruksi dan Rehabilitasi BPBD Pidie Jaya, Aswan Aziz kepada AJNN, Selasa (29/10).

Aswan merincikan, dana yang tidak terpakai dan harus dikembalikan tersebut adalah dana yang terdapat di kas daerah sebesar Pp 639 juta, dan dari pokmas-pokmas yang menolak sebesar Rp 390 juta.

“Jadi itu sudah kami ajukan ke keuangan, biar keuangan sebagai kas umum daerah yang mengembalikan dana tersebut. Terhitung dari 1 Oktober 2019, dana Rp 1 miliar itu tidak dapat digunakan lagi,” sebutnya.

Sementara untuk rehab rekon tahap kedua atau rehab rekon daftar tunggu, semua kelompok masyarakat (pokmas) telah melakukan pencairan tahap terakhir. Sejauh ini tambah Aswan, proses rehab rekon daftar tunggu rata-rata tinggal pekerjaan akhir.

“Yang daftar tunggu ini rata-rata sudah 90 persen lebih, itupun yang rehab berat. Sedangkang yang rekon, rata-rata tinggal finishing,” jelas Aswan. 

Kyriad Muraya Hotel Aceh

Komentar

Loading...