Unduh Aplikasi

Masa Depan Itu Bernama Pariwisata

Masa Depan Itu Bernama Pariwisata
Ilustrasi: The Hive

PENCAPAIAN lima daerah di Aceh pada malam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-5, Tahun 2020, cukup menggembirakan. Apalagi dalam dua tahun terakhir, sektor pariwisata memang benar-benar hancur-hancuran. 

Penghargaan yang didapat oleh Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Besar, Langsa, Banda Aceh dan Aceh Selatan, setidaknya tetap menjadi pengingat bahwa masih ada Aceh dalam kamus kepariwisataan di nusantara. 

Bagi orang Aceh, keindahan alam, kekayaan adat istiadat, dan kehidupan sosial yang religius, adalah sebuah berkah. Tak banyak daerah di Indonesia memiliki hal seperti yang dimiliki Aceh. 

Saat tiga hal itu dikemas menjadi satu, maka yang terlihat di mata orang luar adalah keinginan untuk melihat langsung kehidupan masyarakat Aceh. Merasakan harmoni dan menikmati keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang luar biasa. 

Karena itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh jangan berhenti untuk terus berinovasi dan berkolaborasi dengan daerah. Kerja sama adalah kata kunci untuk membangkitkan pariwisata Aceh menjadi lebih baik lagi. 

Adapun kekurangan-kekurangan yang tersisa hendaknya terus diperbaiki. Dan cara terbaik untuk melakukan hal itu adalah dengan mengajak setiap stakeholder pariwisata Aceh: masyarakat Aceh, untuk menjadi duta wisata dan budaya Aceh.

Kita tak perlu risau dengan pencapaian yang telah diraih oleh daerah-daerah lain, seperti Bali, Yogyakarta, atau Jawa Timur. Yang harus dilakukan adalah memfokuskan pikiran dan tenaga untuk menggarap potensi yang ada. 

Aceh tak boleh terlalu lama hidup dalam angan-angan. Kita harus realistis melihat kemungkinan-kemungkinan hari ini untuk masa depan. Dan masa depan Aceh itu berada di bidang pariwisata. 

HUT Pijay

Komentar

Loading...