Unduh Aplikasi

Marine Festival Promosikan Sabang di Tingkat Dunia

Marine Festival Promosikan Sabang di Tingkat Dunia
SABANG - Sekretaris Daerah Aceh. Drs. Dermawan, MM, mengatakan Sabang Marine Festival merupakan salah satu langkah untuk menempatkan Aceh dalam peta destinasi pariwisata internasional. Festival selama lima hari yang diikuti oleh peserta dari mancanegara itu juga menunjukkan kepada dunia bahwa Sabang adalah destinasi wisata paling aman, nyaman dan menarik untuk dikunjungi.

"Kita harap festival ini semakin menginspirasi semua pihak agar saling bekerjasama untuk memajukan pariwisata Aceh," kata Sekda Dermawan saat membuka Marine Festival II di Arena Sabang Fair, (26/4).

Untuk tahun 2017 kata Sekda, Marine Festival harus dapat terus ditingkatkan lagi agar lebih meriah dan dapat dihadiri oleh lebih banyak peserta dari mancanegara. Untuk gelaran kedua itu, diketahui sebanyak 20 unit kapal layar bertiang tinggi ikut serta meramaikan Sabang Marine Festival.
Kepada Pemerintah Kota Sabang dan seluruh masyarakat, sekda meminta agar memperlihatkan sikap sebagai tuan rumah yang baik. Hal tersebut akan berpengaruh pada peningkatan kerjasama secara global di bidang pariwisata.

Melalui Festival tersebut, Sekda berharap Aceh bisa memberikan pesan dan kesan tersendiri bagi peserta sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah Sabang.

"Pelaksanaan kegiatan ini juga menjadi bukti bahwa Aceh saat ini sudah semakin aman, nyaman dan kondusif, baik itu sebagai destinasi wisata, maupun sebagai wilayah investasi," ujar Sekda.

Pada kesempatan tersebut, Penasihat Kehormatan Menteri Pariwisata, Indroyono Seosilo menyampaikan bahwa wisata bahari merupakan salah satu dari kebijakan president Jokowi dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia.

Kementerian Pariwisata, kata Indroyono, siap mendukung acara Sabang Marine Festival untuk digelar setiap tahun. Agar lebih banyak peserta dan wisatawan yang datang, kata Indroyono, panitia harus mempersiapakan agenda lebih awal sehingga banyak peserta yang mendaftar.

Sementara itu, Kepala BPKS Sabang, Fauzi Husin mengatakan Marine Festival akan berlansung selama lima hari mulai tanggal 26 s.d 30 April diawali dengan beberapa kegiatan, meliputi "Sabang Marine Blogging Competition, Fun Bike dan Fun Walk, Lomba dan Pemeran Foto, Sabang Wonderful Art Week dan Lomba Mewarnai bertemakan Pesona Wisata Bahari Sabang". Selain itu juga dimeriahkan sengan berbagai lomba tradisional lainnya.

Sebagai Atraksi Wisata Bahari kata Fauzi, Marine Festival Sabang memadukan antara atraksi budaya, bahari dan rally perahu layar yang diikuti oleh peserta dari beberapa negara yang menggunakan kapal layar atau " yacht" dari Langkawi dan Phuket.

Festival tersebut lanjut Fauzi, bertujuan untuk memperkenalkan Aceh dalam peta distinasi pariwisata dunia melalui kegiatan layar berskala internasioanal dan menjadikan Sabang sebagai pusat wisata bahari di Indonesia.

Sabang Marine Festival II tersebut terselenggara berkat kerjsama Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Sabang (dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) dengan Dinas Kebudayaan dan Periwisata Aceh dan Sabang, serta Kementrian Pariwisata RI.

Komentar

Loading...